Kamis, 13 Oktober 2016

Cara Menjinakan Lovebird Anakan Atau Muda

Abdullah Yatmono

Cara menjinakan lovebird anakan atau yang masih muda menurut saya gampang. Kebiasaan para breeder atau penangkar adalah ketika usia lovebird 2 minggu setelah menetas, mereka mengambil anakannya dari induknya. Kemudian anakan tersebut kita loloh dengan menggunakan spet atau suntikan diberi karet. Dengan demikian anakan lovebird ketika sudah mulai makan sendiri akan jinak dengan kita. Ketika anakan lovebird lapar, kita yang menyuapinya. Setiap dua atau tiga jam, anakan harus diloloh.
Cara Menjinakan Lovebird Anakan Atau Muda
anakan lovebird pastel biru sedang diajak main
Memandikan lovebird
Anakan lovebird akan belajar makan milet sendiri pada usia 2 bulan. Jadi setelah usia 3 bulan sudah bisa makan sendiri tanpa bantuan di spet. Pada usia dua bulan, kita bisa melatih anakan dimandikan. Lovebird bisa dimandikan pada jam 8 pagi tapi jangan sampai basah, cukup terkena air. Karena lovebird yang masih muda ini dikhawatirkan akan kedinginan dan masuk angin. Jadi sedikit aja semprotan airnya. Setelah dimandikan, lovebird dijemur pagi hari selama 1 jam hingga 1,5 jam. Proses dimandikan selain disemprot, bisa juga sambil dipegang dengan tangan. Jadi bisa ciprati dengan air saja sudah cukup.
Sering diajak main
Lovebird yang masih muda ini bisa diajak main atau dikeluarkan dari kandang. Bisa kita letakan di meja atau dilantai. Atau bisa juga lovebirdnya diletakan ditelapak tangan atau bagian tangan kita.
Adanya aktivitas semacam di atas yang kita lakukan akan menimbulkan ikatan batin antara lovebird dengan kita. Karena pada dasarnya binatang yang kita rawat dengan setulus hati mereka akan jinak dengan kita. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat :)

0 comments:

Posting Komentar