Jumat, 28 Oktober 2016

Cara Mengatasi Lovebird Macet Bertelur

Abdullah Yatmono

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi lovebird yang macet bertelur adalah segera melakukan perubahan pada kandang dan perubahan pemberian pakan. Selengkapnya simak saja berikut ini:
1. Perubahan kandang
Kandang yang kotor dan glodok yang sudah lama tidak dibersihkan akan membuat lovebird tidak nyaman berada di dalam kandang. Untuk merawat kebersihakn kandang, setiap lima hari sekali atau setiap seminggu sekali, kandang harus dibersihkan. Kalau saya pribadi setiap lima hari wajib membersihkan kandang. Dengan adanya interaksi kita sering memberishkan kandang, maka lovebird akan terbiasa dengan kita sebagai pemiliknya.
Kemudian glodok sebaiknya juga dibersihkan. Setelah digunakan dua kali untuk menetaskan telur, glodok harus dibersihkan dan diambil sarangnya. Pembersihan glodok bisa dilakukan setelah kita mengambil anakan lovebird yang mau kita loloh. Glodok bisa kita cuci dan dilakukan penjemuran. Tujuannya adalah agar kutu atau bakteri di dalam glodok bisa hilang. Kalau terlalu banyak kutu, maka bisa mengganggu kesehatan piyik atau anakan.
Kandang yang bersih dan nyaman akan membuat lovebird menjadi betah di dalam kandang. Jika betah, maka lovebird bisa mau kawin lagi jika sudah birahi.
2. Pemberian pakan
Jika lovebird sudah macet atau lama bertelur, kemungkinan lovebird tidak kawin. saya yakin kalau lovebird kawin maka akan bertelur. Jadi jika lama tidak kawin, maka dipastikan sepasang lovebird tersebut tidak birahi. Jadi yang kita lakukan adalah menaikkan birahi lovebird. Caranya adalah dengan pemberian sayuran kangkung atau tauge. Yang paling ampuh dan terbukti adalah kangkung bisa menaikkan birahi lovebird. Pemberian bisa dilakukan selama seminggu atau dua minggu berturut-turut.
3. Adanya predator
Predator atau pemangsa lovebird seperti tikus atau kucing dapat menyebabkan lovebird menjadi stres. Untuk itu kandang lovebird harus aman dari kucing dan tikus. Jika lovebird sering merasa ketakutan, maka bisa saja lovebird tidak mau berproduksi.
4. Glodok sering dibuka
Kalau kita sering membuka glodok untuk mengecek lovebird sudah bertelur atau tidak dapat menyebabkan lovebird stres atau ketakutan. Nah ketakutan inilah yang membuat lovebird tidak mau kawin atau bertelur. Jadi untuk mengecek sebulan dua kali atau sekali saja. Saya sendiri waktu masih pemula juga sering membuka glodok, tapi indukan lovebirdnya beruntung tidak setres.
5. Extra fooding : jagung
Selama lovebird tidak bertelur atau mau bertelur, sebaiknya seminggu dua kali diberikan jagung muda. Fungsi jagung muda selain menambah protein dapat menstabilkan hormon lovebird. Kemudian kualitas sel telur betina dan kualitas sel jantan akan semakin bagus. Jadi jika terjadi kawin, sel telur bisa terjadi pembuahan dan lovebird akan bertelur.

0 comments:

Posting Komentar