Minggu, 09 Oktober 2016

Cara Membuat Ternak Lovebird dengan Kandang Koloni

Abdullah Yatmono

Cara membuat kandang koloni lovebird sangatlah mudah. Salah satu keuntungan ternak lovebird dengan kandang koloni adalah harganya lebih mudah dibandingkan kita membeli banyak sangkar kotak untuk ternak lovebird. Selain itu perawatannya juga mudah dan membutuhkan waktu yang singkat. Namun disisi lain ternak lovebird secara koloni mempunyai kelemahan, kelemahan tersebut adalah jika ada lovebird yang sakit, maka bisa menular ke lovebird yang lain. Untuk itu kita harus sering memantau kesehatan lovebird di kandang koloni.

contoh model kandang koloni lovebird

kayu reng
Ada beberapa hal yang harus disediakan sebelum Anda membuat kandang koloni. Yang mulai dari pemilihan tempat dan bahan atau alat apa saja yang kita butuhkan.
1. Pemilihan tempat
Tempat untuk meletakan kandang koloni lovebird sebaiknya yang jembar atau dalam bahasa Indonesianya tidak sumpek. Pastikan lokasi peletakan kandang sirkulasi udaranya yang bagus. Sirkulasi udara yang bagus membuat lovebird tidak mudah stres dan udara disekitarnya tidak pengap. Bahkan kalau bisa setiap pagi bisa terkena sinar matahari. Jika kandang terkena sinar matahari, maka tidak ada kuman atau bibit penyakit yang menyerang lovebird. Letak kandang juga jauh dari tempat lalu lalang atau sering dilintasi oleh anggota keluarga.
Contoh peletakan kandang koloni yang bagus adalah di bagian belakang rumah. Biasanya lebih aman dan tidak sering dilalui oleh anggota keluarga. Jadi peletakannya bisa di pojok belakang rumah. Kemudian bagian atasnya bisa diberi luang agar sinar matahari bisa masuk. Peletakan kandang koloni di depan rumah biasanya lovebird akan mudah setres karena sering dilalui orang di sekitar kandang. Selain itu kandang di depan rumah bisa rawan pencurian lovebird.
2. Bahan yang perlu disediakan
Sebagai kerangka kandang koloni, kita bisa memilih bahan tersebut dari besi atau dari kayu. Kalau dari kayu, harganya relatif lebih mudah. Untuk ukuran kadang koloni 2 m x 2 m x 1,5 m (panjang 2 m, tinggi 2 m, dan lebar 1,5 m) paling membutuhkan dana Rp400.000 hingga Rp600.000. Bahan yang kita beli adalah kayu reng atau yang kotak kecil, paku, dan kawat galvanis/ kawat ram. Anda tinggal memotong-motong kayu dan memakunya. Contoh atau model kadang koloni lovebird bisa dilihat pada gambar di atas yah.

0 comments:

Posting Komentar