Senin, 24 Oktober 2016

Cara Membuat Kandang Ternak Lovebird yang Baik

Abdullah Yatmono

Kandang ternak lovebird yang baik dan proporsional akan membuat lovebird terasa nyaman. Lovebird yang terasa nyaman di dalam sangkar bisa bereproduksi dengan lancar sehingga pundi-pundi uang akan mengalir kepada pemiliknya. Berikut ini saya akan memberikan pengalaman saya selama memelihara lovebird sampai saat ini. Alhamdulillah produksi ternak lovebird saya tetap lancar walau perawatannya sangat sederhana.
Cara Membuat Kandang Ternak Lovebird yang Baik
contoh kandang ternak lovebird kotak besi ukuran 60 x 40 x 40
Jika Anda memiliki waktu untuk membuat kandang, bisa membuat kandang sendiri dan membutuhkan biaya yang relatif sedikit atau lebih murah dibandingkan kita membeli kandang ternak. Kalau saya pribadi belum pernah membuat kandang ternak lovebird. Tapi saya memiliki rekan yang biasa membuat kandang ternak lovebird baik untuk koloni maupun kandang persangkar.
Cara Membuat Kandang Ternak Lovebird yang Baik
contoh kandang koloni ukuran 1 m x 1 m x 2,5 m
Saya lebih memilih ternak lovebird perkandang satu pasang. Alasannya adalah pemantauan kesehatan lovebird lebih mudah, kemudian tidak terjadi penularan penyakit kalau satu kandang satu pasang lovebird. Kalau ternak lovebird secara koloni, untuk pemantauan memang sedikit lebih susah, tapi urusan perawatan memang lebih mudah dan memberi pakan pun cukup sekali dalam satu kandang. Tapi kalau ada satu lovebird yang terkena penyakit biasanya mudah menular. Untuk mengantisipasi pada ternak lovebird secara koloni jika ada lovebird yang sakit segera diambil dan di karantina.
Ukuran standar ternak lovebird yang baik
Ukuran standar kandang ternak lovebird yang banyak dijual di pasaran adalah ukuran 60 cm rx 40 cm x 40 cm. Artinya adalah panjang 60 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. Kemudian ukuran glodok lovebird biasanya 30 cm x 20 cm x 20 cm. Contoh merek kandang ternak lovebird yang kualitasnya bagus adalah merek Sweet dan Best One. Harganya bervariasi di toko. Kalau di tempat tinggal saya di Kota Tegal, harganya satu kandang lengkap dengan tangkringan dan tempat makan minum Rp30.000. Harga glodok biasa Rp20.000 dan harga glodok kaca Rp35.000. Jadi biaya atau modal satu kandang lovebird fullset kurang lebih Rp150.000 sampai Rp165.000.
Ukuran kandang ternak lovebird secara koloni
Ukuran kandang koloni tidak ada yang baku. Yang penting di kandang koloni adalah kandangnya luas. Lovebird bisa terbang lebih bebas dibandingkan lovebird yang berada di kandang ternak kotak.
Teman-teman saya yang memelihara lovebird secara koloni ukurannya tidak ada yang sama. Misalnya ukuran 2 m x 1,5 m x 1 m. Ukuran tersebut bisa dihuni oleh 5 pasang lovebird. Ada yang cukup besar lagi, misalnya 3 m x 2 m x 2 m. Ukuran kandang ini bisa menampung 15 -20 pasang lovebird. Baca juga Bentuk Kandang Koloni yang Baik
Penempatan kandang lovebird
Sebaiknya penempatan kandang lovebird bisa terkena sinar matahari. Selain itu sirkulasi udara juga bagus sehingga tidak pengap. Kandang yang terkena sinar matahari bisa membunuh kuman yang bisa menjadi sebab lovebird sakit. Penempatan kandang lovebird bisa dilakukan di belakang rumah, depan rumah, atau di samping rumah. Usahakan tempatnya tidak sering dilalui oleh orang sehingga lovebird tetap tenang dan nyaman.
Perawatan kandang dan perawatan lovebird
Setiap pagi hari usahakan air minum lovebird selalu diganti. Tujuannya agar minumannya lebih segar. Ibaratnya kalau kita minuman yang segar badan terasa enak dan akan sehat. Air minum yang sudah dua hari atau tiga hari sejatinya sudah terkontaminasi oleh kuman atau virus. Kandang lovebird dibersihkan 5 hari sekali atau seminggu sekali. Misalnya membersihkan kotoran pada bagian bawah kandang atau kotoran yang menempel pada kandang. Perhatikan nutrisi lovebird juga. Sering diberi makanan tambahan atau Extra Fooding seperti jagung muda.

0 comments:

Posting Komentar