Jumat, 14 Oktober 2016

Bentuk Kandang Koloni Lovebird yang Baik

Abdullah Yatmono

Bentuk dan ukuran kandang koloni lovebird biasanya kotak dan memanjang kesamping atau memanjang ke atas.  Berikut ini nanti saya sertakan contoh gambar kandang koloni lovebird yang biasa dibuat oleh para peternak lovebird. Untuk ukuran kandang tidak ada ukuran yang baku. Jadi inti dari kandang koloni adalah, kandang tersebut mampu menampung pasangan lovebird yang banyak. Salah satu keuntungan ternak lovebird dengan kandang koloni adalah bisa menghemat biaya pengeluaran pembelian kandang.
Bentuk Kandang Koloni Lovebird
kandang kolono dari aluminium dan kawat galvanis yang rajin

Bentuk Kandang Koloni Lovebird

Bentuk Kandang Koloni Lovebird

Bentuk Kandang Koloni Lovebird

Bentuk Kandang Koloni Lovebird
Anda bisa membandingkan jika Anda membeli kandang kotak untuk setiap pasang lovebird. Jika Anda memiliki 10 pasang lovebird saja kemudian setiap kandang kotak dari besi yang lengkap dengan glodoknya saja harganya sudah Rp150.000. kemudian harga tersebut Anda kalikan dengan 10 pasang. Maka total pengeluaran pembelian kandang kotak adalah Rp1.500.000. sungguh besar sekali bukan?
Nah jika Anda membuat kandang koloni sendiri atau membeli kandang koloni harganya relatif murah. Kandang koloni dengan ukuran tinggi 2 meter, lebar 1,5 meter, dan panjang 2 meter sudah cukup untuk 10 pasang lovebird. Dan harganya sekitar Rp700.000 saja. Woooww sangat menghemat kan?
Contoh ukuran kandang penangkaran lovebird dengan sistem koloni adalah
1. panjang 3 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 1,5 meter
2. panjang 2 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 2 meter
3. panjang 1,5 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 1,5 meter
4. panjang 3 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 2 meter
5. panjang 4 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 2 meter
Demikianlan penjelasan mengenai bentuk atau ukuran kandang koloni lovebird yang biasa dibuat oleh pare breder atau penangkar. Semoga bisa menginspirasi Anda di rumah.

0 comments:

Posting Komentar