Selasa, 27 September 2016

Ukuran Tangkringan Lovebird Yang Baik

Abdullah Yatmono

Ukuran tangkringan lovebird tidak ada yang baku. Kita sebagai pemilik lovebird harus tahu kira-kira tangkringan model yang baik bagaimana. Jadi kita bisa berkreasi dengan ukuran tangkringan lovebird. Prisnsipnya adalah tangkringan tidak mudah goyak ketika dinaikki oleh lovebird. Ada beberapa jenis tangkringan lovebird yang biasa dipakai oleh para master lomba lovebird. Jenis tangkringan tersebut adalah terbuat dari bahan plastik, kayu, dan logam.
Keuntungan dan kelemahan jenis tangkringan lovebird.
1. Tangkringan dari bahan kayu
Ukuran Tangkringan Lovebird Yang Baik
tangkringan lovebird dari kayu dengan pemasangan model T
Kelemahan tangkringan dari bahan kayu adalah ketika lovebir sedang birahi, biasanya lovebird suka menggigit tangkringan. Akhirnya tangkringan lovebird ini lama-kelamaan akan tergores dan aus. Untuk kelebihannya lovebird terasa lebih nyaman karena sesuai dengan tekstur kayu yang ada di alam. Selain itu tangkringan kayu tidak licin. Sebaiknya saa lovebird sedang birahi, kita ganti tangkringan dengan tangkringan dari bahan plastik. Selain itu kelebihannya adalah kita bisa tahu saat lovebird kita sedang birahi.
2. Tangkringan dari bahan plastik
Ukuran Tangkringan Lovebird Yang Baik
model tangkringan T atau saling menyilang yang terbuat dari plastik
Model tangkringan dari plastik ini juga termasuk standar. Kalau kita beli kandang lovebird yang bundar atau kandang kotak, di dalamnya sudah tersedia tangkringan dari plastik. Warnanya beragam, tapi biasanya banyak yang berwarna putih. Kelemahan dari bahan plastik ini biasanya agak licin. Untuk itu pilihlah tangkringan dari bahan plastik yang terdapat geriginya.
3. Tangkringan dari bahan metal atau logam
Jenis tangkringan dari bahan logam atau metal ini jarang dipakai oleh para master kicau. Kekurangannya adalah tangkringan metal terasa lebih licin dibandingkan dengan tangkringan dari bahan plastik. Selain itu pada waktu musim penghujan, tangkringan jenis logam ini terasa dingin di kaki lovebird.

Cara memasang tangkringan pada kandang bundar dan kandang kotak ternak.
Pemasangan tangkringan lovebird hendaknya kuat. Artinya tangkringan tidak mudah goyah. Kalau tangkringan tidak mudah goyah, lovebird akan terasa nyaman dan tenang. Untuk pemasangan di dalam kandang bundar, bisa dipasangi dua tangkringan. Yang satu di bagian atas, dan yang satu di bagian bawah. Biasanya, tangkringan pada bagian bawah diletakan makanan dan minuman.
Kita juga bisa menambahkan tangkringan tidak hanya dua di dalam kandang. Dua tangkringan itu sebagai tangkringan utama dan kita tambah tangkringan kecil-kecil di dalam kandang. Tujuannya adalah lovebird bisa memilih tempatnya bertengger yang paling nyaman.
Ada seorang master kicau mania yang bernama Om Kunik yang mempunyai resep bahwa perlu penambahan tangkringan lovebird. Menurutnya lovebird bisa memilih tempat untuk bertengger yang baik ketika sedang ngekek. Akhirnya lovebird bisa ngekek panjang dengan nyaman. Om Kunik menambahkan dua tangkringan yang kecil yang panjangnya 10 cm.
Pemasangan tangkringan bisa dengan MODEL T. Artinya tangkringan yang satu dengan yang lainnya saling menyilang. Atau dengan MODEL SEGITIGA atau SUDUT LANCIP juga bisa dipraktekan. Caranya adalah pemasangan tangkringan atas dan tangkringan bawah dibentuk sudut lancip.
Demikianlah pembahasan ukuran dan jenis tangkringan lovebird yang baik. Pada intinya kita membuat lovebird bisa terasa lebih nyaman ketika sedang bertengger. Selain itu tangkringna juga dibuat kuat dan tidak mudah goyah yang bertujuan agar lovebird terasa nyaman.

0 comments:

Posting Komentar