Minggu, 04 September 2016

Pakan lovebird ternak dan anakan yang murah dan berkualitas

Abdullah Yatmono

Pakan lovebird ternak dan anakan – Hallo sobat petanisukses.com. Beternak lovebird memiliki banyak keuntungan, selain menjadi hobby kita juga akan mendapat keuntungan dari hasil penjualan anakan lovebird jika kita beternak. Jika ingin menghasilkan untung yang maksimal, tentu kita memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatannya. Burung lovebird merupakan jenis burung yang mudah diternakan. Kita hanya memerlukan sangkar kotak saja sudah bisa untuk beternak.
Pakan lovebird ternak dan anakan yang murah dan berkualitas
Pakan lovebird ternak
Agar lovebird ternak kita bisa produksi terus, kita harus memperhatikan pakan dan kandangnya. Untuk pakan yang standar, lovebird cukup diberi paka milet putih dan kenari set. Sebenarnya dua saja sudah cukup. Tapi ada makanan tambahan atau yang biasa disebut dengan EF (Extra Fooding). Makanan tambahan atau EF ini memiliki peran masing-masing. Contoh makanan tambahan tersebut adalah kangkung dan jagung muda. Ketika indukan sedang bertelur atau tidak bertelur kita cukup memberikan milet putih dan kenari set dengan takaran 2 : 1 (artinya dua takar milet putih dan satu takar kenari set).
Ketika telur yang dierami sudah menetas, kita berikan jagung muda. Beberapa bagian jagung muda bisa bertahan tiga hari. Setelah tiga hari kita harus mengganti jagung muda tersebut. Fungsi pemberian jagung muda adalah untuk anakan yang diloloh induknya. Kemudian porsi takaran kenari set dan milet putih menjadi 2 : 1 (artinya 2 takar kenari set dan 1 takar milet putih). Fungsi kenari set ini akan mempercepat pertumbuhan anakan.
Pemberian kangkung bertujuan untuk meningkatkan birahi burung. Jika anakan lovebird kita ambil dari induknya mulai besok harinya kita bisa berikan potongan kakung setiap harinya. Tujuannya agar indukan mau kawin lagi sehingga indukan bisa bertelur. Setelah anakan menetas, jangan diberi kangkung yah. Takutnya indukan akan birahi lagi dan tidak mau meloloh anaknya.
Pakan lovebird anakan
Jika anakan kita yang meloloh, kita cukup menggunakan bubur bayi. Seperti bubur bayi merek SUN ditambah dengans sedikit tepung Maizena atau tepung jagung. Perbandingannya adalah dua sendok teh bubur bayi SUN ditambah dengan 1 sendok teh tepung maizena.

Jika anakan masih indukan yang meloloh kita tinggal memberikan pakan kepada indukan dengan jagung muda setiap tiga hari sekali jagung mudanya diganti. Kemudian ditambah pemberian kenari set dan milet dengan perbandingan porsi 2 :1.
Untuk harga 1 kg kenari set Rp.24.000 sedangkan 1 kg milet putih Rp20.000. Dalam satu bulan sepasang indukan hanya habis 150 gram milet putih dan 150 gram kenari set. Kalau ditotal sekitar Rp7000 setiap bulanya. Untuk makanan tambahan seperti jagung muda dan kangkung hanya Rp.8000 untuk tiap indukan. Biaya perawatan tersebut murah sekali bukan?

0 comments:

Posting Komentar