Sabtu, 17 September 2016

Makanan Lovebird Saat Bertelur Dan Mengeram

Abdullah Yatmono

Memilih pakan yang berkualitas ketika lovebird sedang bertelur dan mengerami bertujuan agar nantinya telur bisa menetas semua. Ketika telur lovebird yang sedang dierami oleh induknya bisa menetas semua kita sangat bangga karena bisa dibilang kita telah sukses beternak lovebird. Ternak lovebird itu gampang-gampang susah. Yang sedih kalau telur yang sudah dierami tidak menetas semua. Bisa saja faktor cuaca dan kurangnya nutrisi pada lovebird.
Makanan Lovebird Saat Bertelur Dan Mengeram

Makanan Lovebird Saat Bertelur Dan Mengeram
Makanan Lovebird Saat Bertelur
Makanan lovebird saat bertelur seperti apa yang dikatakan para master lovebird standar-standar saja. Sama halnya saya yang saat ini juga ternak lovebird dan alhamdulillah sudah bisa dibilang cukup berhasil. Ketika lovebird sedang bertelur saya setiap harinya memberikan jagung muda selama satu minggu secara berturut-turut. Kemudian untuk pakan standar seperti milet putih dan kanari set dengan perbandingan pakan dua banding satu. Tambahkan juga sayuran seperti kankung dan sawi putih. Itu saja sudah cukup dan burung lovebird saya bisa bertelur dan bisa menetas 75%.

Penambahan nutrisi lovebird yang bisa dibeli juga sangat bagus. Saat ini saya menambahkan NutriBird A21. NutriBird A21 ini sebenarnya untuk pakan lolohan lovebird dari usia nol hari sampai bisa makan sendiri. Di dalam kandang indukan saya meletakan Nutribird A21 karena kandungan protein dan vitamin yang sangat bagus bagi indukan lovebird betina yang sedang bertelur. Karena selama bertelur, indukan lovebird membutuhkan protein yang tinggi. Jadi Anda bisa mencoba sendiri manfaat dari Nutribird A21 yang ditambahkan di dalam kandang indukan. Bentuk Nutribird ini adalah bubuk jadi bisa ditaruh ditempat pakan tersendiri misalnya di samping milet putih.
Harga Nutribird A21 200 gram Rp70.000 (belum termasuk ongkos kirim).
Sedangkan harga Bo.ge.na Rp65.000. Jika beli dua kaleng harganya Rp120.000
Selengkapnya baca Pakan Lovebird Import NutriBird A21
Pakan Lovebird Import Bo.ge.na
Makanan Lovebird Saat Mengeram


Yang mengerami telur lovebird adalah indukan betina. Betina dengan setia akan mengerami telurnya selama 21 hari hingga 30 hari. Ketika sedang mengerami telur, indukan betina akan jarang keluar sarang. Paling sehari satu atau dua kali keluar sarang untuk mencari makan. Sedangkan indukan jantan akan bertengger disekitar glodok. Mungkin sedang jadi satpam kali yah hehehe. Untuk pakan lovebird yang sedang mengerami telurnya, saya biasa memberikan pakan standar atau makanan pokok milet putih dan kanari set dengan perbandingan dua banding satu. Kemudian seminggu dua kali saya berikan jagung muda dan sawi putih. Demikianlah penjelasan mengenai makanan lovebird yang baik ketika bertelur dan mengerami. 
Selama indukan mengerami juga membutuhkan nutrisi dan vitamin yang cukup. Yang saya lakukan saat ini adalah menambahkan pakan untuk lovebird lolohan NutriBird A21 di dalam kandang indukan. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat kicau mania di seluruh nusantara. 

0 comments:

Posting Komentar