Selasa, 06 September 2016

Keuntungan dan Kelemahan Ternak Lovebird Secara Koloni

Abdullah Yatmono

Bagi sahabat tani yang masih pemula, cara ternak lovebird dilihat dari segi kandang ada dua macam. Kedua macam tersebut adalah setiap kandang terdiri sepasang indukan lovebird dan ternak lovebird secara koloni. Kedua hal tersebut juga memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Berikut ini akan saya jabarkan dan Anda bisa memilih mana yang lebih baik menurut Anda.
Keuntungan ternak lovebird koloni
Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa sahabat petani sukses peroleh ketika ingin menangkarkan lovebird secara koloni.
1. Menghemat dana dan menghemat tempat kandang
Memang dalam membuat kandang koloni ini biayanya lebih murah dibandingkan kita membeli kandang satu persatu untuk indukan lovebird. Banyak para master lovebird yang membuat kandang koloni karena indukan lovebird semakin banyak. Daripada bingung memilih tempat atau tempatnya terbatas mending dibuat ternak koloni dalam satu tempat saja.
Kalau kita lihat biayanya untuk satu kadang ternak saja harganya 130.000. jika kita memiliki 10 indukan maka total biayanya mencapai 1.300.000 hanya untuk membeli kandang. Sedangkan untuk kandang koloni bisa menampung 10 pasang hingga 20 pasang indukan. Hal ini tergantung pada besar kecilnya kandang koloni Anda.
2. Burung tidak mudah stres dan memiliki ruang gerak yang bebas
Lovebird yang ditangkar di kandang koloni akan tidak mudah stres karena banyak temannya dan juga tidak terlalu sering kedangatangan orang yang melihatnya. Selain itu ruang gerak lovebird juga semakin bebas. Hal ini juga bisa menghindarkan pasangan lovebird mengalami kegemukan atau nglemak.
3. Kemudahan dalam memberi pakan dan minum
Kita akan menghemat waktu ketika memberikan pakan dan minum kepada burung. Dalam satu waktu sekaligus kita bisa memberikan pakan dan minum serta membersihkan kandangnya juga. Kalau kita ternak pada tiap kandang sepasang, kita akan membutuhkan waktu membuka kandang satu demi satu ketika mau memberikan pakan ataupun minum. Usahakan setiap hari air minumnya diganti agar tetap segar dan kondisi burung tetap sehat.
4. Jumlah telur yang menetas pada kandang koloni lebih banyak
Jumlah telur yang menetas pada pada kandang koloni memang lebih banyak dibandingkan dengan tiap kandang satu pasang. Alasannya adalah pada kandang koloni burung tidak mudah stres dan memiliki ruang gerak yang lebar.
Kelemahan ternak lovebid secara koloni

Ada satu hal kelemahan yang sering terjadi pada kandang koloni. Kelemahan tersebut adalah ketika ada burung yang sedang sakit bisa menular kepada temannya. Apalagi kalau sedang ada flu burung, jika ada satu burung yang kena bisa menjalar pada burung yang lain. Untuk itu kita harus memikirkan antisipasinya.
Antisipasi penyakit lovebird pada ternak koloni
Sebagai antisipasi atau pencegahan penyakit yang menular pada lovebird yang lain kita bisa melakukan beberapa hal. Pertama adalah ketika kita melihat ada burung yang sedang sakit atau terlihat tidak sehat sebaiknya segera langsung diambil untuk dikarantina. Tempat karantina bisa dikandang ternak atau kandang kapsul. Kita berikan vitamin atau treatment agar lovebird tersebut bisa sembuh. Jadi setiap hari kita bisa memantau kandang koloni apakah pada hari itu ada burung yang sakit ataukah tidak.
Untuk mencegah timbulnya penyakit kita harus memperhatikan kebersihan kandang. Bisa setiap lima hari sekali atau seminggu sekali kita memberishkan kandang koloni. Terutama adalah kotoran atau eek lovebird. Kemudian air minum harus setiap hari diganti agar selalu fresh. Cek juga makanannya apakah masih banyak ataukah sedikit. Satu bulan sekali atau tiga minggu sekali kita berikan multivitamin pada lovebird agar tidak mudah terserang penyakit.

0 comments:

Posting Komentar