Selasa, 06 September 2016

Jenis-Jenis Pakan Lovebird dan Fungsinya

Abdullah Yatmono

Hallo sahabat petani sukses. Saat ini orang sudah banyak yang memelihara lovebird. Pada tahun 2008 hingga tahun 2011 harga lovebird masih terbilang mahal. Untuk harga lovebird jenis lutino saja sepasang yang sudah pernah produk mencapai 12 juta rupiah. Saat ini harga lovebird sudah jatuh namun relatif stabil.
Jenis-Jenis Pakan Lovebird dan Fungsinya
Bagi Anda yang masih pemula, jika ingin memelihara lovebird perlu memperhatikan jenis makanannya. Harga pakan lovebird sangatlah murah dan dalam satu bulan saja sepasang lovebird paling hanya menghabiskan dengan biaya 10.000 saja. Murah sekali bukan?
Jenis-jenis pakan lovebird yang standar diberikan kepada lovebird adalah sebagai berikut:
1. Milet putih
Fungsi pakan milet putih ini seperti makanan pokok lovebird. Jadi kalau kita memberikan milet putih saja, lovebird bisa bertahan hidup. Selain kandungan karbohidrat pada milet juga terdapat protein dan mineral lainnya.
2. Kenari set
Kenari set atau kanari sit sama saja yah. Fungsi kenari set ini sebagai nutrisi tambahan. Tapi kandungan nutiris kenari set lebih tinggi daripada milet. Kenari set ini bisa diberikan setiap hari tapi dengan perbandingan 2 takar milet dan 2 takar kenari set. Jika diberikan terlalu banyak pada lovebird bisa menimbulkan lemat atau kegemukan pada lovebird. Kenari set ini bisa diberikan dalam jumlah yang banyak ketika indukan sedang meloloh anaknya. Hal ini bertujuan agar perkembangan anak lovebird bisa cepat besar.
3. Kangkung
Fungsi sayuran kangkung ini bisa menaikkan birahi lovebird. Jika indukan tidak mau kawin artinya birahi lovebird tidak tinggi. Agar mau kawin, bisa diberikan kangkung setiap hari. Ketika indukan sedang meloloh jangan diberikan kangkung. Jika saat meloloh diberikan kangkung bisa menyebabkan lovebird yang sedang meloloh akan kawin dan bertelur. Pada akhirnya anaknya tidak dilolohi lagi sama induknya.
4. Jagung muda
Jagung muda ini bisa diberikan setiap satu minggu dua kali. Jagung muda sebagai nutrisi tambahan karena kaya akan protein. Pemberian jagung muda bisa diberikan setiap hari ketika indukan sedang meloloh anaknya. Pemberian jagung muda setiap hari pada lovebird yang bukan indukan bisa menyebabkan lovebird kegemukan atau nglemak. Untuk menghindari hal demikian cukup seminggu dua hari saja pemberian jagungnya.
5. Kwaci atau biji bunga matahari
Pemberian kwaci ini bisa menyebabkan birahi lovebird naik. Jadi sangat bagus untuk diberikan pada lovebird indukan agar mau kawin.
6. Pasir atau bata merah
Fungsi pasir ini bisa membantu pencernaan lovebird. Sama halnya pada binatang unggas seperti ayam juga kadang memakan pasir untuk membantu pencernaannya.
Racikan pakan lovebird untuk pakan sehari-hari
Saat ini penulis sedang beternak lovebird. Untuk pakan sehari-hari pada indukan yang sedang bertelur atau belum bertelur cukup diberikan milet putih dengan kenari set. Perbandingannya dua banding satu. Dalam seminggu dua kali atau dua hari diberikan jagung muda.
Racikan pakan lovebird yang sedang meloloh
Untuk pakan lovebird yang sedang meloloh anaknya, saya berikan kenari set dan milet putih perbandingannya dua banding satu. Kemudian saya sediakan di dalam kandang jagung muda setiap hari.
Racikan pakan lovebird agar mau kawin/ bertelur
Untuk indukan lovebird supaya bisa kawin lagi pakannya terdiri dari milet putih dan kenari set. Perbandingannya dua banding satu. Kemudian tambahkan dengan irisan kangkung setiap hari. Setelah indukan sudah bertelur hentikan pemberian kangkung.

0 comments:

Posting Komentar