Minggu, 04 September 2016

Cara Merawat Lovebird Buat Kontes Agar Ngekek Panjang

Abdullah Yatmono

Informasi cara merawat lovebird supaya ngekek panjang ini kami peroleh dari Bapak Adi dari Trubus Alami Bird Farm di Kota Malang Jawa Timur. Beliau memiliki lovebird jenis lutino yang ngekeknya sangat panjang yakni sampai 1 menit lebih. Burung lovebird lutino jawara milik Om Adi dinamai ABG. Sebelum kontes, selama satu minggu diistirahatkan dahulu. Untuk pemberian pakan katanya seperti burung lovebird pada umumnya. Tidak ada yang rahasia-rahasian. Om Adi katanya hanya memalai makanan standar seperti milet, kenari set, jagung muda, kwaci, dan kangkung. Dalam satu minggu ini setiap hari ABG dimandikan dan dijemur.
Cara Merawat Lovebird Buat Kontes Agar Ngekek Panjang
Sebenarnya ada berbagai macam cara agar lovebird kita bisa mengekek panjang dan memperoleh nominasi. Cara tersebut sebagai berikut :
1. Faktor Keturunan
Kebanyakan lovebird yang ngekek panjang biasanya memiliki keturunan atau indukannya memiliki ngekek yang panjang. Walapun hal tersebut banyak orang yang mengatakan tidak pada keturunan tapi pada perlakuan kita kepada lovebird. Tapi menurut saya dan para master lovebird masih tetap beranggapan bahwa lovebird yang ngekek panjang masih dipengaruhi oleh trah jawara.
Harga anakan trah jawara ini cukup terbilang mahal dibandingkan harga lovebird biasa dengan tidak memperhatikan warna. Jika Anda ingin memiliki lovebird yang ngekek panjang, siapkan saja uang satu juta rupiah untuk membeli anakan dari trah jawara. Setelah itu kita tinggal seting atau melakukan pemasteran.
Cara Merawat Lovebird Buat Kontes Agar Ngekek Panjang
2. Faktor Settingan
Saya mengutip dari pesan pesan dari Om Adi pemilik ABG (Jawara dari Malang )dan Om Kurnia pemilik Opium (Jawara dari Purwokerto) menyarankan agar setiap hari kita bisa memandikan lovebird dan melakukan penjemuran. Setiap dua hari atau tiga hari sekali lovebird dimandikan sampai basah kuyup. Sedangkan pada hari-hari lainnya bisa dimandikan tidak sampai basah kuyup. Setelah itu lovebird bisa dijemur di bawah sinar matahari. Penjemuran bisa dilakukan pada pukul 8 pagi hingga 10 pagi. Jika cuaca sedang panas, penjemuran bisa dilakukan selama 1,5 jam.
Setelah badan lovebird sudah kering, bisa mulai digantang atau ditempatkan di tempat yag agak tinggi. Kemudian kita bisa memutar suara lovebird dari Hp yang keras. Hal ini akan membuat lovebird kita mau ngekek, dan akan bertingkah atau berusaha untuk menyaingi suara lovebird dari Hp kita. Cara ini disebut dengan “Pemasteran”
Cara pemasteran ini juga bisa dilakukan dengan cara burung ditaruh di kandang bulat dan diberi kerodong. Kemudian kita memutar suara lovebird.
3. Faktor Makanan dan Kandang
Selain makanan pokok dan makanan tambahan seperti milet putih, kenari set, jagung muda, kwaci, dan kangkung diharapkan para lovebird mania memberikan vitamin. Misalnya vitamin yang terkenal atau banyak dijual di pasaran seperti hasil produksi Ebod Jaya. Pemberian kangkung jangan terlalu banyak. Jika berlebihan bisa menyebabkan lovebird memiliki birahi yang tinggi. Pemberian kangkung selama satu minggu bisa diberikan satu minggu dua kali.
Begitu juga dengan jagung muda jangan diberikan setiap hari. Jagung muda ini bisa menyebabkan lovebird mengalami kegemukan yang ditandai dengan “ngelmak” yang bisa sobat lihat dibagian perut lovebird berwarna putih lemak. Pemberian jagung bisa dilakukan seminggu tiga hari atau dua hari.
Menyangkut tentang kandang, kandang bisa kita bersihkan setiap hari saat kita memandikan lovebird. Lovebird akan merasa nyaman jika kandangnya bersih dan tidak berbau. Seminggu dua kali lovebird ditaruh di kandang umbaran. Tujuannya adalah agar lovebird bisa bermain-main kesana-kemari sehingga nafasnya bisa menjadi panjang dan pada akhirnya ngekeknya pun juga panjang.
Demikianlah penjelasan dari kami tentang  cara merawat lovebird buat kontes agar ngekek panjang. Semoga sobat lovebird mania mendapat pencerahan. Salam Sukses Lovebird Mania.

0 comments:

Posting Komentar