Kamis, 29 September 2016

Cara Menjodohkan Lovebird Beda Umur Agar Cepat Jodoh

Abdullah Yatmono

Cara menjodohkan burung lovebird secara cepat – Sebelum kita menjodohkan burung lovebird, sebaiknya kita sudah mengetahui usia lovebird yang kita miliki. Agar telur yang nanti dierami bisa menetas dan menghasilkan anakan yang bagus, sebaiknya usia burung lovebird yang kita jodohkan sudah berusia dewasa. Berapa usia dewasa atau usia mapan lovebird? Miniman usia 9 bulan. Paling bagus usia lovebird bisa produksi 12 bulan atau satu tahun.
Cara Menjodohkan Lovebird Beda Umur Agar Cepat Jodoh
ciri-ciri lovebird sudah jodoh
Agar lovebird kita bisa segera jodoh dan bisa jodoh dalam waktu satu hari kita perhatikan hal-hal berikut ini!
1. Memilih usia lovebird yang sudah dewasa
2. Pastikan lovebird yang kita jodohkan tidak sejenis. Kalau tidak tahu jenis kelaminnya bisa ditanyakan kepada master lovebird atau yang sudah lama memelihara lovebird biasanya sudah tahu atau paham tentang jenis kelamin lovebird.
3. sebelum dijodohkan, lovebird dibuat birahi terlebih dahulu. Caranya adalah satu minggu atau 5 hari sebelum dijodohkan, lovebird dimandikan setiap hari, kemudian dijemur. Setelah burung kering, kemudian dipakainan kerodong disangkarnya. Jangan lupa juga setiap hari diberikan potongan sayuran kangkung yang segar. Fungsi sayuran kangkung adalah menambah birahi lovebird agar mau kawin.
4. Setelah 5 hari mendapat perlakuan di atas. Lovebird siap dijodohkan. Cara menjodohkannya bisa dengan saling mendekatkan atau menempelkan kandangnya. Perhatikan tingkah lakunya. Oya biarkan kandang didekatkan selama seharian atau setengah hari. Jika mereka saling medekat, berarti mereka mau berjodoh. Setelah mau berjodoh, lovebird bisa langsung dimasukan dalam satu kandang. Cara ini termasuk cara paling ampuh. Dalam hitungan jam atau satu hari saja lovebird bisa berjodoh. Intinya beberapa hari sebelumnya, lovebird dibuar birahi masing-masing. Kama akan berjodoh dengan sendirinya.
5. Cara menjodohkan lovebird yang kedua adalah dengan memasukannya ke dalam kandang koloni. Lovebird akan mencari pasangannya masing-masing sesuai yang lovebird inginkan. Jadi kita tidak perlu repot-repot memandikan lovebird dan sebagainya. Cukup kita menaruh sepasang atau beberapa pasang lovebird yang belum jodoh, kemudian biarkan saja. Di dalam kandang koloni tersebut sudah disediakan beberapa glodok. Jika ada sepasang lovebird yang masuk ke dalam glodok secara bersamaan, maka mereka sudah jodoh dan bisa dipindahkan di kandang sangkar kotak atau dibiarkan di kandang koloni.

0 comments:

Posting Komentar