Selasa, 27 September 2016

Cara Mengatasi Lovebird Gigit Jeruji Atau Ngeruji Terus

Abdullah Yatmono

Lovebird yang ngeruji atau gigit jeruji menandakan bahwa lovebird sedang birahi pada puncaknya. Ciri-ciri lovebird yang ngeruji adalah aktivitas sehari-harinya sering berada di dinding kandang atau tidak mau bertengger di tangkringan. Lovebird juga sering terlihat gigit jeruji sambil menempel di dinding kandang.
Cara Mengatasi Lovebird Gigit Jeruji Atau Ngeruji Terus
contoh lovebird yang sedang ngeruji
Apabila burung yang kita mau lombakan ini sudah terlihat ngeruji, maka lovebird kita sudah tidak bisa dijamin ngekek panjang dari biasanya. Ketika lovebird kita di gantang di arena lomba, maka akan melihat lawannya yang mungkin saja lawan jenisnya. Maka lovebird kita tadi ngeruji-nya akan semakin tambah parah atau menempel pada dinding kandang terus. Alhasil, lovebird kita tidak mau membalas ngekek lovebird yang lain.
Cara Mengatasi Lovebird Gigit Jeruji Atau Ngeruji Terus
contoh lovebird yang sedang ngeruji
Cara ampuh mengatasi lovebird gigit jeruji
Setelah kita tahu ciri-ciri lovebird yang gigit jeruji dan mengetahui penyebabnya karena over birahi. Yuk kita simak berikut ini cara mengatasi lovebird yang ngeruji.
1. Tidak memberikan extra fooding (EF) atau makanan tambahan
Contoh makanan extra fooding pada lovebird adalah jagung muda, kanari set, kangkung, cangkang kerang, asinan, dan lainnya. Jenis makanan tersebut sebenarnya banyak mengandung protein. Nah jika lovebird terlalu banyak makan protein, akibatnya adalah birahi lovebird menjadi naik dan lovebird juga bisa mengalami kegemukan.
Untuk menghindari hal tersebut, lovebird cukup diberi makanan utamanya yaitu MILET PUTIH SAJA. Jadi selama 1 minggu hingga 2 minggu lovebird yang ngeruji ini diberi milet putih saja.
2. Jika telah dua minggu, kita bisa berikan makanan tambahan seperti jagung muda. Tapi pemberiannya seminggu sekali saja sudah cukup.
3. Lovebird dimandikan pada pagi hari tapi tidak dijemur secara langsung. Namun lovebird cukup dianginkan saja ditempat biasa kita taruh. Dimandikannya jangan sampai basah kuyup yah. Cukup sampai basah saja. Setelah dua minggu, lovebird sudah bisa dimandikan dan bisa langsung dijemur seperti biasanya. Penjemuran bisa bertahap seperti 5 menit, 10 menit, 15 menit, dan seterusnya.
4. Lovebird tidak perlu dipakai kerodong. Cukup digantang pada tempat biasa. Jika kita ingin melakukan pemasteran, cukup diputarkan suara saja dan tidak dikerodong.
Cara di atas sudah dipraktekan para master lomba dan akhirnya berhasil.

0 comments:

Posting Komentar