Sabtu, 03 September 2016

Cara Beternak Lovebird yang Baik bagi Pemula

Abdullah Yatmono

Cara beternak lovebird – Burung lovebird merupakan burung asli dari daerah Afrika Selatan dan Kepulauan Madagaskar. Lovebird mulai ramai di Indonesia sekitar tahun 2010. Semakin kesini di tahun 2016 sudah banyak orang yang memiliki lovebird. Harga burung lovebird relatif stabil seperti harga burung murai. Cara memeliharanya pun sangat mudah karena makanannya biji-bijian dan sayuran. Banyak kisah orang yang sukses dalam beternak lovebird yang memiliki keuntungan jutaan rupiah perbulan. 
Cara Beternak Lovebird yang Baik bagi Pemula
sepasang lovebird
Penulis sendiri saat ini memiliki sepasang lovebird warna hijau standar. Alhamdulillah tanggal 1 September 2016 telur yang diangkremi oleh indukan sudah ada yang menetas satu ekor. Memang dalam pemeliharaannya sangat mudah. Biaya pakan juga tergolong sangat murah. Berikut ini akan saya rincikan bagaimana cara beternak lovebird yang baik bagi pemula yang saya peroleh dari para master ternak lovebird, saat ini saya juga sedang mempraktekannya dan berhasil.
Panduan cara beternak lovebird bagi pemula :
1. Membeli sepasang lovebird
Jika Anda ingin beternak, tentu membeli sepasang lovebird. Ada tips untuk membeli sepasang lovebird yakni belilah lovebird yang sudah pernah produksi (telurnya menetas). Karena bisa saja sepasang lovebird jenis kelaminnya bisa betina semua. Betina kawin dengan betina bisa bertelur lho. Tapi kalau betina dengan betina telur yang dierami tidak bisa menetas karena telurnya fertil. Jadi usahakan membeli sepasang yang sudah pernah produksi agar nanti kita pelihara bisa produksi.
Cara Beternak Lovebird yang Baik bagi Pemula
2. Membeli sangkar ukuran ternak lovebird atau membuatnya sendiri serta menyiapkan glodok.
Anda bisa membeli sangkar yang biasa digunakan untuk ternak lovebird. Biasanya sangkar yang kotak ada yang nomor satu, nomor dua, dan nomor tiga. Saya memakai ukuran yang sedang yakni nomor dua. Untuk nomor satu menurut saya terlalu besar. Anda juga bisa membuat sangkar sendiri di rumah dengan membeli kawat galvanis di toko besi. Sediakan juga di dalam sangkar dengan glodok sebagai tempat lovebird bertelur dan berlindung di dalamnya.
Cara Beternak Lovebird yang Baik bagi Pemula
3. Cara memberi pakan
Jenis pakan lovebird yang saya gunakan adalah jenis biji-bijian yang terdiri dari MILET dan KENARI SET dan jenis sayur seperti KANGKUNG dan JAGUNG. Saya tidak pernak memakai jenis pakan yang lain. Seperti para master lovebird juga hanya menggunakan jenis pakan tersebut. Alhamdulillah produksi lancar. Usahakan setiap hari bisa mengganti air minumnya dengan air yang matang. Setiap dua hari sekali atau tiga hari sekali mengecek pakan lovebird apakah sudah habis atau masih banyak. Pemberian air minum dengan air yang matang juga bisa menjaga lovebird tetap sehat. Fungsi kangkung disini bisa meningkatkan birahi lovebird sehingga burung bisa kawin dan akan bertelur. Setelah burung sudah bertelur atau telurnya sudah menetas, jangan diberikan kangkung terlebih dahulu.
Cara Beternak Lovebird yang Baik bagi Pemula
anakan lovebird usia satu bulan

4. Menjaga kebersihan kandang
Agar burung tetap sehat dan betah, bersihkan kandang setiap 5 hari sekali. Kalau waktu Anda terlalu sibuk, bisa semunggu sekali. Kalau saya pribadi setiap 5 hari sekali memberisihkan kandang.
5. Perawatan lovebird ketika bertelur
Ketika burung lovebird Anda sudah mulai bertelur bisa diperhatikan jenis pakannya. Pakannya sangat sederhana yakni cukup diberikan milet putih dan kenari set. Dengan perbandingan miletnya 2 takaran dan kenari setnya 1 takaran.
anakan lovebird usia tiga minggu
6. Perawatan lovebird ketika telurnya menetas
Burung lovebird akan mengerami telurnya selama 21 hari sampai dengan 30 hari. Kadang ada telur yang menetas setelah dierami 21 hari atau juga setelah 27 hari. Pokoknya rentang waktu 30 hari. Telur lovebird ini tidak menetas secara bersamaan, jadi inilah salah satu keunikan burung lovebird. Setelah telurnya menetas, biarkan indukan yang meloloh anaknya selama 15 hari. Di dalam sangkar sediakan pakan barupa milet ukuran satu takar dan kenari set ukuran dua takar. Kemudian tambahkan dengan pemberian jagung muda.
Demikianlah pembahasan yang singkat ini tentang cara beternak lovebird bagi pemula. Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat pencinta lovebird. Saya berpesan, jagalah pakan lovebird dan kebersihakn kandangnya serta gantilah air minum lovebird setiap hari. insyaAllah burung akan produksi dengan lancar karena kita perhatikan dengan baik. Baca juga cara mengatasi lovebird yang nglemak

0 comments:

Posting Komentar