Sabtu, 17 September 2016

Berapa Lama Lovebird Bertelur Setelah Kawin

Abdullah Yatmono

Waktu yang dibutuhkan lovebird untuk bertelur setelah kawin sekiar 8 hari hingga 10 hari. Setelah sepasang lovebird sudah mau kawin kita sebagai breeder harus segera menyiapkan glodok sebgai tempat lovebird bertelur. Kemudian kita siapkan juga serat bambu atau serat kayu ditaruh di dalam kandang yang nantinya digunakan oleh lovebird untuk membuat sarang. Kertas koran juga bisa dijadikan alternatif dari serat bambu atau serat kayu.
Berapa Lama Lovebird Bertelur Setelah Kawin

Berapa Lama Lovebird Bertelur Setelah Kawin
Setelah memperhatikan dua hal di atas seperti glodok dan bahan untuk sarang lovebird, kita perhatikan juga makanannya. Makanan ini nantinya mempengaruhi kualitas telur lovebird, diantaranya adalah agar telur lovebird bisa menetas semua.
Pakan yang bagus untuk siapan lovebird bertelur adalah jagung muda, sayuran seperti sawi putih, dan makanan pokoknya yakni milet putih dan kanari set. Setelah kita lihat di glodok (tempat untuk bertelur lovebird) sudah ada telurnya kita jangan sering menengoknya. Ada indukan yang sangat sensitif dan merasa tidak aman sehingga telur bisa dimakan. Telur lovebird akan menetas dalam rentang waktu 21 hingga 30 hari. Lovebird ini hewan yang unik, telurnya jarang yang menetas secara bersamaan. Misalnya hari ini telurnya menetas satu, kemudian besoknya baru disusul menetas satu telur lagi dan begitu seterusnya.

Setelah kita pantau telur yang dierami sudah menetas, kita perlu perhatikan makanan untuk indukan yang sedang meloloh anaknya. Makanannya biasa saja yakni jagung muda secara rutin diberikan, kanari set dan milet putih dengan perbandingan pakan dua banding satu. Ketika anakan yang sedang diloloh sebaiknya jangan dipantau. Tunggu saja beberapa hari untuk kita ambil. Saya biasanya mengambil anakan lovebird pada usia 21 hari atau tiga minggu. Usia 21 hari, lovebird sudah cukup besar dan mudah untuk kita loloh. Hasil bulunya nanti juga lebih bagus jika dibandingkan kita mengambil anakan kurang dari 10 hari.

0 comments:

Posting Komentar