Senin, 01 Agustus 2016

Cara Ternak Kelinci dari Kisah Sukses Pak Muryanto

Abdullah Yatmono

Cara Ternak Kelinci – Saat ini penghasilan pak Muryanto sebagai peternak kelinci dibilang sudah cukup sukses karena setiap bulannya sudah mencapai 2 juta lebih. Berawal dari ketekunannya dalam memelihara kelinci ini akhirnya berhasil juga. Awalnya Pak Muryanto bekerja sebagai tukang batu. Selama menjadi tukang batu, sambilannya memelihara kelinci. Setelah sudah mengetahui seluk beluk perkelincian, bapak usia 42 tahun ini akhirnya mendapat pinjaman 50 ekor kelinci. Di tahun ketiganya berhasil dikembangbiakan menjadi 100 ekor dan lainnya sudah sering dijual. Selengkapnya baca kisah sukses pak Muryanto peternak kelinci dari Jawa Timur

contoh kandang kelinci yang bersih
Sebagai seorang yang sudah sukses beternak kelinci, pak Muryanto selalu membagikan ilmunya bagi pemula. Ketika beliau diwawancari tidak sungkan-sungkan mebeberkan rahasia kenapa kelinci-kelinci yang dipelihara pak Muryanto tetap sehat dan saat ini sudah mencapai 100 ekor indukan.
Yuk simak apa saja yang dilakukan oleh pak Muryanto sehingga usaha ternak kelincinya bisa berhasil:
1. Rajin membersihkan kandang
Setiap pagi pak Muryanto rajin membersihkan kandang kelinci yang terletak di belakang rumahnya. Sisa makanan yang diberikan sore hari diambil semua. Begitu juga saat sore hari, kandang dibersihkan lagi. Sisa makanan dipagi hari diambil dan dibuang. Tujuannya adalah kadang kelinci tetap bersih sehingga kelinci bebas dari penyakit seperti scabies atau buduk. Penyakit buduk atau gatal pada kelinci ini sangat rentan diderita oleh kelinci jika kandangnya kurang terawat. Selengkapnya contoh kandang kelinci yang baik dan sehat
2. Makanan
Pada pagi hari, pak Muryanto memberikan pakan kelinci berupa pelet secukupnya. Kemudian pada sore harinya kelinci diberikan rumput.

3. Perhatikan kondisi rumput
Pak Muryanto berpesan jangan berikan rumput yang berduri atau yang masih bergetah. Hal ini bisa menyebabkan kelinci bisa mengalami sakit dan akhirnya mati. Misalnya pada sayuran kangkung terdapat getah. Kangkung yang masih segar atau yang masih basah jangan langsung diberikan kepada kelinci. Sebaiknya dijemur sampai layu baru diberikan kepada kelinci. Selain itu makana yang tidak diperbolehkan untuk dimakan kelinci adalah alang-alang dan tanaman rumput gajah.
Demikianlah ada tiga hal yang perlu diperhatikan bagi pemula agar bisa memelihara dengan sehat. Memang memelihara kelinci tidak semudah membalikan tangan. Seperti Pak Muryanto yang sudah banyak pengalaman lebih dari tiga tahun memelihara kelinci baru ditahun ketiganya sudah menghasilkan. Jadi kalau Anda yang baru saja memelihara kelinci dalam beberapa bulan ada kelincinya yang mati, cobalah cari penyebabnya. Lakukan koreksi dan segera lakukan tindakan yang terbaik. Salam sukses untuk peternak!

0 comments:

Posting Komentar