Minggu, 14 Agustus 2016

Cara Mengatasi Lovebird Berlemak pada Perut Bagian Bawah

Abdullah Yatmono

Cara menghilangkan lemak pada perut Lovebird – lemak atau yang dalam bahasa jawanya “nggajih” ini muncul pada berbagai jenis burung, bahkan yang sering terjadi dan mudah kita jumpai pada ayam betina. Lemak yang berlebihan pada burung lovebird ini bisa mengakibatkan bulu lovebird menjadi kurang rapi. Kemudian bisa mengganggu reproduksi pada burung khususnya burung lovebird betina.

cara menghilangkan lemak pada lovebird

Penyebab lovebird berlemak
Sama halnya dengan manusia yang gemuk, maka memiliki banyak lemak. Demikian halnya pada burung lovebird yang berlemak indikasi burung terlalu gemuk. Lovebird yang menjadi gemuk ini banyak memakan protein selain dari makanan utamanya seperti MILET PUTIH. Contoh pemberian jagung dan kuaci yang sering bisa mengakibatkan lovebird mudah gemuk. Kemudian sangkar lovebir yang berukuran kecil menyebabkan lovebird tidak leluasa bergerak bebas. Jadi penyebab utama yang sering membuat lovebird gemuk berasal dari pakan dan kondisi sangkar.
Tentu sangat repot sekali jika lovebird kesayangan kita yang biasa ikut kontes kecantikan lovebird menjadi gemuk dan akhirnya gagal kontes. Pada lovebird yang sudah berpasangan, jika si betina sudah nglemak, maka akan menganggu reproduksi seperti susah bertelur atau bahkan sudah tidak bisa lagi bertelur. Wah ngeri yah! Bagi peternak lovebird seperti saya ini menginginkan lovebirdnya bisa produksi terus. Jika rajin produksi maka kantong kita semakin tebal juga kan?
Cara mengatasi lemak pada lovebird
Bagian tubuh lovebird yan sering berlemak adalah pada bagian dada dan perut bawah. untuk mengetahui ada lemak pada lovebir caranya sangat gampang. Selengkapnya berikut ini:
1. Ciri-ciri pada bagian luar burung terlihat lebih besar dari biasanya.
2. Bulu lovebird terlihat acak-acakan atau tidak mulus seperti biasanya.
2. Pada bagian perut lovebird kita buka bulunya dengan cara ditiup atau pakai tangan, maka akan terlihat lemaknya yang berwarna putih.
Untuk menghilangkan lemak pada lovebird membutuhkan waktu beberapa minggu. Seperti halnya pada manusia yang ingin tubuh yang ideal maka harus memperbaiki pola makan dan melakukan diet. Demikian juga pada lovebird, kita bisa mengatur pemberian pakan. Anda cukup memberikan pakan dari milet putih saja. Kemudian lovebird ditempatkan di sangkar yang ukurannya lebih besar agar gerak-gerik lovebird lebih leluasa.
Baca juga Panduan Beternak Lovebird Terlengkap
Demikianlah pembahasan yang cukup singkat ini tentang bagaimana caranya menghilangkan lemak pada lovebird. Intinya ada dua hal yang harus kita lalukan, yakni mengubah pakan lovebird dengan milet putih saja selama satu bulan atau dua bulan. Kemudian lovebird dipindahkan di sangkar yang lebih besar. Kalau tidak bisa sering diletakan di kandang umbaran.

0 comments:

Posting Komentar