Sabtu, 16 Juli 2016

Cara Membuat Pakan Kelinci Fermentasi dari Gedebog Pisang

Abdullah Yatmono


Pada umumnya kita sering mendengar pakan alternatif untuk kambing yang sedang hits yakni fermentasi dari gedebog pisang. Ternyata pakan fermentasi tersebut bisa kita berikan pada kelinci. Kambing yang diberikan pakan fermentasi dari gedebog pisang ini menjadi gemuk dan nafsu makan yang tinggi. Tentu hal ini akan menghemat dari segi pengeluaran biaya untuk penggemukan kambing dan kelinci.
Cara Membuat Pakan Kelinci Fermentasi dari Gedebog Pisang
Manfaat fermentasi gedebog pisang untuk kelinci
Fermentasi gedebog pisang ini kaya akan protein sehingga sangat bagus untuk prospek penggemukan kelinci. Selain itu kaya akans serat dan karbohidrat yang bisa mengenyangkan dan melancarkan pencernaan kelinci.

Proses pemuatan fermentasi gedebog pisang ini sangat mudah dan waktunya juga reltif singkat. Hanya dalam waktu satu jam saja, gedebog pisang ini nantinya bisa langsung diberikan kepada kambing atau kelinci. Pakan fermentasi ini sebaiknya digunakan pada proses penggemukan kelinci saja agar target bobot yang diinginkan segera tercapai. Jadi sangat cocok untuk kelinci pedaging.
Cara membuat fermentasi gedebog pisang untuk pakan kelinci
1. Sediakan Suplemen Organik Cair dari produk HCS
2. Satu batang pisang atau gedebog pisang
3. Gedebog pisang dipotong tipis-tipis. Untuk pakan kelinci sebaiknya lebih tipis daripada untuk pakan kambing.
4. Gedebog pisang dicampur dengan dedak atau tepung jagung kalau ada. Aduk-aduk hingga merata.
5. Tuangkan tiga tutup botol suplemen organik HCS pada satu liter air, kemudian tambahkan 100 gram gula pasir. Aduk-aduk atau dikocok pada botol hingga semua bahan larut.
6. Siramkan larutan no 5 pada bahan campuran gedebog pisang dan dedak tadi. Aduk-aduk hingga semuanya merata.
7. Tempatkan semua bahan di atas pada drum atau pada wadah plastik yang besar dan ditutup sampai rapat agar tidak ada udara yang keluar ataupun masuk.
8. Tunggu minimal satu jam atau yang minimal yang bagus 3 jam baru bisa diberikan pada kelinci.
Pakan fermentasi dari gedebog pisang ini bisa bertahan sampai tiga hari. Berikan fermentasi gedebog pisang ini pada waktu pagi dan sore hari. Demikianlah tutorial cara membuat pakan kelinci fermentasi dari gedebog pisang. Semoga bermanfaat. Salam ternak kelinci.....!

0 comments:

Posting Komentar