Sabtu, 16 Juli 2016

Cara Membuat Pakan Kelinci dari Dedak

Abdullah Yatmono


Sebelumnya saya telah membuat artikel tentang cara yang mudah membuat pakan kelinci dariampas tahu. Ada banyak sekali makanan alternatif untuk kelinci seperti dedak, rumput, sayuran, dan konsentrat. Dari beberapa jenis pakan tersebut ada yang paling mudah kita dapatkan. Apalagi kalau kita sedang sibuk dengan kerjaan lain sehingga kita tidak sempat untuk mencari makanan kelinci seperti mencari rumput.
Cara Membuat Pakan Kelinci dari Dedak
Manfaat dedak sebagai pakan kelinci
Dedak menjadi alternatif yang sangat mudah bagi Anda yang mempunyai kesibukan selain mengurus kelinci. Dedak memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi. Selain itu dedak mengandung karbohidrat dan serat yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan kelinci.
Cara membuat pakan kelinci dari dedak
Kita bisa membeli dedak di pasar atau langsung ditempat penggilingan gabah. Kalau kita membeli dedak di tempat penggilingan gabah hargarnya lebih murah dibandingkan kita membeli dedak di pasar. Saat ini harga satu kg dedak Rp2500.

Cara membuat pakan dari dedak sangat mudah. Untuk pakan kelinci yang masih mudah, dedak dibuat adonan dengan cara menambahkan sedikit air dan garam sedikit saja. Kemudian aduk-aduk hingga tebentuk adonan dedak yang siap untuk kelinci muda.
Pemberian dedak untuk kelinci dewasa bisa dedak kering yang kita taruh di tempat pakan. Tapi jangan lupa untuk ketersediaan air jangan sampai habis yah! Karena dedak yang kering bisa seret di kerongkongan si kelinci. Kaya manusia aja yah.
Cukup berikan pakan kelinci dari dedak pada waktu sore hari sebagai pendamping makanan dari jenis rumput atau sayur.

0 comments:

Posting Komentar