Sabtu, 16 Juli 2016

Cara Membuat Pakan Kelinci dari Ampas Tahu

Abdullah Yatmono


Untuk menghemat pengeluaran dalam memelihara kelinci salah satunya adalah membuat pakan alternatif. Pakan tersebut bisa berasal dari ampas tahu. Ampas tahu harganya relatif sangat murah. Untuk satu bungkus biasanya dihargai seribu rupiah. Ampas tahu juga mudah kita dapatkan di perajin tahu yang dekat dengan rumah kita.
Cara Membuat Pakan Kelinci dari Ampas Tahu
kelinci sedang makan ampas tahu
Manfaat ampas tahu bagi kelinci
Di dalam ampas tahu sebenarnya masih banyak mengandung protein. Orang jaman dahulu suka membeli ampas tahu untuk dikonsumsi. Namun seiring perkembangan jaman, ampas tahu sering dijadikan sebagai pakan ternak.
Jadi jangan beranggapan bahwa ampas tahu itu gizinya nol yah. Kandungan protein nabati pada ampas tahu sangat baik untuk pertumbuhan kelinci. Sangat bagus juga bagi kelinci yang masih dalam tahap penggemukan.
Pemberian ampas tahu pada kelinci diberikan satu kali sehari atau dua kali sehari.

Cara membuat pakan kelinci dari ampas tahu :
Setelah kita membeli ampas tahu dari perajin tahun, jangan langsung diberikan kepada kelinci. Terlebih dahulu, ampas tahu kita peras airnya. Setelah diperas sampai agak kering kemudian dicampur dengan sedikit garam. Aduk-aduk hingga ampas tahu sedikit terasa asin. Garamnya jangan banyak-banyak yah. Sedikit saja!.
Setelah proses di atas, ampas tahu siap diberikan kepada kelinci. Letakan ampas tahu di dalam wadah makan kelinci sehingga tidak di injak-injak atau dikencingin oleh kelinci.
Pemberian ampas tahu yang masih basah bisa menyebabkan kelinci kembung. Penyakit kembung sering mengakibatkan kelinci mengalami kematian jika tidak segera ditangani.

0 comments:

Posting Komentar