Kamis, 21 Juli 2016

Cara Memberi Makan Kelinci Kecil dan Dewasa yang Baik dan Benar

Abdullah Yatmono

Bagi pemula tentu masing bingun bagaimana mengatur jadwal dan cara memberi makan minum kelinci kecil dan dewasa. Pada kandang kelinci yang baik seharusnya tersedia tempat makan dan tempat minum. Tempat minum biasanya terbuat dari botol dan ada selangnya. Jadi kalau kelinci haus tinggal “ngedot” di tempat minumnya. 
Cara Memberi Makan Kelinci Kecil dan Dewasa yang Baik dan Benar
botol minuman kelinci
Untuk tempat makan kelinci dari jenis konsentrat sebaiknya yang seperti mangkok dan terikat di bagian dinding kandang agar tidak tumpah. Kalau tempat makan dari jenis sayuran, sayuran bisa diikatkan di dinding kandang agar makanan tidak diinjak-injak.
Pemberian makan yang tidak teratur atau asal-asalan bisa menyebabkan gangguan psikologis dan pencernaan kelinci. Misalnya kelinci menjadi stres dan menggigiti kandang. Pada botol minuman seperti gambar di atas akan memudahkan kita untuk tidak mengganti-ganti tempat atau mencucinya setiap hari. Ketika minuman habis, kita bisa melihat keadaan botolnya langsung dan diberi tambahan minuman.Botol minuman tersebut bisa kita beli di toko hewan atau pesan kepada orang yang membuatnya. Untuk harganya ada yang Rp10.000 hingga Rp20.000.

Jadwal memberi makan kelinci
Kelinci diberi makan sehari dua kali, yakni pada waktu pagi hari dan sore hari. Saya biasanya memberi makan kelinci di pagi hari pada pukul 07.00 dan pada waktu sore haru pada pukul 16.00 atau 17.00.
Jika makanan pagi masih ada sisa, sebaiknya dibuang saja dan kita sambil membersihkan kadang kelinci agar kotoran kelinci tidak menempel pada bagian bawah kandang. Begitu juga pada waktu pagi hari, kita mengambil sisa makanan kelinci yang kita berikan pada waktu sore hari. Jangan lupa bersihkan kandang kelinci juga.
Bagi pemula atau yang masih baru memelihara kelinci mungkin masih rajin membersihkan kandang. Nah kalau yang sudah lama memelihara biasanya kandang kelinci dibiarkan kotor dan kurang terawat. Jangan ditiru yah!

0 comments:

Posting Komentar