Selasa, 12 Juli 2016

4 Jenis Makanan Kelinci Umur 2 Bulan

Abdullah Yatmono

Kelinci akan lepas sapih atau tidak menyusu kepada induknya pada usia dua bulan. Ketika kita mau memisahkan anakn kelinci dengan induknya sebaiknya kita perhatikan makanannya.
Hendaknya kita memilih makanan yang lunak karena gigi anakan kelinci masih belum terlalu kuat untuk menggigit makanan yang keras.
Kami menyarankan jenis-jenis makanan kelinci untuk umur dua bulan sebagai berikut :
anakan kelinci sedang makan wortel dan sawi putih
1. Makanan kelinci dari sayuran
Contoh sayuran yang paling digemari kelinci adalah kangkung, kol, sawi putih, sawi hijau. Sayuran ini sangat mudah kita dapatkan, baik di pasar atau di tukang sayuran yang biasa lewat depan rumah. Pemberian makanan dari jenis sayur ini sebaiknya sayurannya dibiarkan terlebih dahulu agar layu. Bisa juga di jemur sebentar kemudian baru diberikan pada kelinci. Apa alasannya? Alasannya adalah jika sayuran masih basah atau banyak mengandung air, kelinci akan mudah terkena diare. Untuk menghindari berbagai penyakit pada pencernaan kelinci sebaiknya sayuran sudah layu.
2. Voer ayam, dedak, dan ampas tahu
Voer ayam sangat bagus bagi kelinci usia dua bulan. Pemberian voer ayam akan mempercepat pertumbuhan kelinci. Ada alternatif selain voer ayam yakni dedak dan ampas tahu. Kedua jenis makanan kelinci ini harganya relatif murah. Pemberian voer ayam atau dedak atau ampas tahu bisa diberikan pada pagi hari.

3. Jenis umbi
Ada beberapa jenis makanan kelinci seperti umbi adalah wortel, umbi akar, umbi batang, dan kentang. Jika diberikan wortel, karena kelincinya masih kecil, sebaiknya wortel dipotong-potong kecil terlebih dahulu. Kelinci sangat suka dengan wortel karena rasanya yang manis dan juga mengenyangkan.
4. Sisa buah
Kelinci juga sangat suka dengan buah seperti kita. Contoh buah yang disukai kelinci adalah pisang, jambu, semangka, dan apel. Misalnya jika kita makan pisang atau semangka pasti akan menyisakan seperti kulit pisang dan sisa semangka. Sebaiknya jangan langsung di buang. Kasih saja kepada kelinci, pasti sangat suka.

Demikianlah 4 jenis makanan kelinci untuk usia dua bulan. Semoga bermanfaat dan kelincinya selalu sehat. :)

0 comments:

Posting Komentar