Sabtu, 25 Juni 2016

Makanan Kelinci Anggora yang bagus untuk usia 2 bulan dan usia dewasa

Yatmono Alqorni

Hallo sahabat tani, berikut ini kami akan mengupas tentang makanan kelinci anggora yang paling bagus. Mungkin bagi pemula masih banyak hal yang belum tahun tentang makanan kelinci. Kelinci termasuk hewan herbivora tapi kelinci juga mau memakan jenis protein hewani tapi dicampur dengan bahan sayuran seperti pelet atau konsentrat.
Makanan kelinci anggora sangat mudah kita dapatkan. Di dapur saja kita bisa menemukan makanan kelinci seperti kangkung, wortel, dan jagung manis. Yuk selengkapnya tentang makanan kelinci anggora sebagai berikut:
1. Jenis sayuran hijau dan rumput yang segar
Contoh makanan kelinci anggora jenis rumput hijau adalah sawi hijau, kol, sawi putih, kangkung, selada, dan daun pisang. Untuk jenis rumput bisa rumput yang biasa tumbuh subur di lapangan dan di sepanjang jalan raya biasanya terdapat rumut yang halus.
Perhatian : Pemberian sayur yang memiliki kadar air yang tinggi sebaiknya sayurannya dijemur terlebih dahulu. Penjemuran sayuran sampai layu sehingga kandungan airnya tidak banyak. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kadar air dan kelinci aman dari diare. Jika kelinci terkena diare, hal yang harus segera dilakukan adalah pemberian obat diare dan pemberian daun pisang. Penyakit diare susah ditangani. Tandanya adalah perut kelinci kembung dan kotoran kelinci seperti diare.
2. Rumput kering yang diperjual belikan
Rumput kering ini biasanya rumput awetan. Yakni rumput yang sudah kering dan dimasukan dalam kemasan plastik atau kardus. Jenis rumput ini juga sangat baik untuk pertumbuhan kelinci namun dari segi harga lumayan mahal. Mendingan kita membeli sayuran saja di pasar.
3. Jenis umbi-umbian
Contoh umbi-umbian yang sering digemari oleh kelinci adalah wortel, singkong, dan ubi jalar. Biasanya wortel paling disukai kelinci. Pemberian wortel sebaiknya jangan setiap hari, tapi diselang-seling bisa tiga hari sekali.

4. Jenis biji-bijian
Jenis biji-bijian yang disukai kelinci contohnya adalah jagung, kacang tanah, gandung, kwaci atau biji bunga matahari. Pemberian jagung sebaiknya jagung yang masih muda. Jika jagung yang kering akan sulit dimakan oleh kelinci. Pakan dari jagung yang masih muda sangat baik untuk pakan kelinci yang sedang hamil dan menyusui.
5. Jenis konsentrat kelinci
Pemberian konsentrat juga sangat bagus. Biasanya konsesntrat diberikan untuk makan malam kelinci. Bisa diberikan pukul 4 atau pukul 5 sore hari. Contoh konsentrat yang bagus untuk penggemukan kelinci adalah jenis voer. Tersedia berbagia jenis merek. Bagi Anda yang kreatif bisa membuat konsentrat sendiri. Bahan konsesntrat antara lain adalah sayuran, jagung, dedak, dan runtukan ikan asin. Digiling menjadi satu kemudian dijemur.
6. Dedak
Pemberian dedak atau sisa pada juga sangat bagus untuk kelinci. Bagi kelinci yang masih kecil, dedak diberi air secukupnya. Sedangkan pada kelinci yang dewasa, bisa diberikan dedak yang kasih kering. Pemberian dedak sebagai alternatif pakan selain konsenstrat. Harga dedak juga relatif lebih murah.
Demikianlah penjelasan mengenai makanan kelinci anggora yang bagus. Jenis makanan ini berlaku untuk semua jenis kelinci.

0 comments:

Posting Komentar