Senin, 27 Juni 2016

Kelinci Siap Kawin Umur Berapa Bulan?

Yatmono Alqorni

Usia kelinci siap kawin minimal adalah usia 6 bulan. Usia 6 bulan kelinci sudah bisa dikatakan dewasa. Namun para peternak kelinci lebih banyak mengawinkan kelincinya diusia 7 bulan. Pada usia 7 bulan kelinci sudah benar-benar matang.
Untuk dijadikan induk, sebaiknya kelinci betina yang usia 6 bulan dikawinkan dengan kelinci jantan yang usianya minimal satu tahun. Hal ini bertujuan kelinci yang dilahirkan nanti mempunyai kualitas yang bagus.
Kelinci Siap Kawin Umur Berapa Bulan?
sepasang kelinci jenis Rex
Jika Anda ingin memelihara kelinci untuk kelas beternak sebaiknya memperhatikan hal tersebut.
Tips cara mengawinkan kelinci agar cepat hamil :
Kelinci betina yang usianya sudah mencapai  7 bulan dimasukan ke dalam kandang kelinci jantan. Setelah mereka terlihat kawin dua atau tiga kali, kelinci betina diambil lagi dan di masukan ke dalam kandangnya. Untuk memastikan keberhasilan kelinci sudah kawin, bisa dilakukan tiga haris berturut-turut. Contohnya jika kelinci dikawinkan pada hari jumat, maka hari sabtu dan minggu kelinci dikawinkan lagi. Setelah itu catat tanggal perkawinannya. Kita mengambil hari tengahnya saja yakni hari jumat.
Tujuan pencatatan tanggal adalah agar kita bisa memastikan kapan kelinci bisa melahirkan. Biasanya kelinci melahirkan pada usia hamil 30 hari sampai dengan 33 hari. Pada usia tiga minggu sebaiknya kita sudah menyiapkan gelodok untuk tempat sarang kelinci melahirkan.
Demikianlah informasi waktu kelinci siap kawin minimal diusia 6 bulan.

0 comments:

Posting Komentar