Senin, 27 Juni 2016

Jenis-jenis kelinci anggora yang terkenal dan paling banyak dipelihara

Yatmono Alqorni

Secara umum, jenis-jenis kelinci anggora yang banyak dipelihara orang ada empat macam yaitu kelinci anggora Perancis, anggora satin, anggora giant, dan anggora inggris. Sebenarnya masih ada beberapa kelinci anggora yang lainnya. Keempat jenis anggora tersebut memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Misalnya kelinci anggora giant memiliki ukuran tubuh yang besar sedangkan kelinci anggora Inggris memiliki tubuh yang sedang namun ciri khasnya terdapat pada telinganya yang berdiri.
Yuk langsung saja simak penjelasan tentang jenis-jenis kelinci anggora
1. Kelinci anggora Inggris  (Anggora rabbit british)
Jenis-jenis kelinci anggora inggris
Entah kenapa jenis kelinci salah satu ini disebut kelinci anggora Inggris. Tapi ciri khasnya bisa kita tahu. Coba Anda amati pada gambar. Anggora Inggris memiliki ukuran yang sedang yakni dengan berat 2 kg hingga 4 kg sama seperti kelinci lain pada umumnya.
Ciri khasnya terletak pada telinganya yang berdiri seperti seekor anjing. Untuk bulunya masih sama dengan jenis anggora yang lainnya yaitu panjang dan tebal tapi kelinci anggora Inggris ini relatif lurus. Ada banyak jenis warna dari kelinci anggora Inggris. Namun yang paling dominan adalah warna putih, kuning, hitam, dan abu-abu.
2. Kelinci Anggora Satin
Jenis-jenis kelinci anggora satin
Jenis kelinci anggora satin ini berasal dari perkawinan silang antara kelinci satin dengan kelinci anggora Perancis. Untuk ciri-cirinya Anda bisa mengamati pada gambar.
Kelinci anggora satin memiliki ukuran yang yang sedang yaitu 2 kg hingga 4 kg. Ciri yang khas terletak pada warnanya yaitu seperti kelinci satin tapi bulu badannya seperti kelinci anggora yakni panjang dan tebal. Untuk karakter muka dan telinganya masih sama seperti kelinci satin.
3. Kelinci Anggora Giant
Jenis-jenis kelinci anggora giant
Sesuai dengan mananya giant, kelinci anggora giant memiliki ukuran yang lebih besar yakni antara 4 kg hingga 6 kg. Di luar negeri, kelinci anggora giant ini banyak diternakan. Diantaranya dimanfaatkan untuk diambil kulit dan bulunya serta diambil dagingnya yang sangat sedikit mengandung kolesterol.
Ciri-ciri anggora giant ini memiliki badan yang lebih besar, bentuk badannya seperti bulan, dan telinganya mirip kelinci anggora Inggris.
4. Kelinci Anggora Perancis
Jenis-jenis kelinci anggora perancis
Ciri-ciri kelinci anggora Perancis adalah memiliki ukuran tubuh antara sedang dan besar. Bobotnya antara 3 kg hingga 5 kg. Kelinci anggora Prancis ini mirip dengan anggora giant tapi dengan ukuran yang lebih kecil. Bulunya juga tida sepanjang bulu anggora giant. Bentuk badannya lebih terlihat atau tidak terlalu bulat. Muka anggora Perancis tidak ditutup oleh bulu dan telinganya juga tidak ditutup oleh bulu yang tebal.
Itulah keempat jenis-jenis kelinci anggora yang paling terkenal dan paling banyak dipelihara oleh para breding. Kelinci anggora ini kalau di luar negeri ada event atau lomba keindahan kelinci. Untuk di Indonesia sendiri masih belum banyak orang yang memeliharanya.

0 comments:

Posting Komentar