Senin, 27 Juni 2016

Cara merawat anak/bayi kelinci yang baru lahir dan tidak disusui induknya agar tidak mati

Yatmono Alqorni

Bagi yang sudah berpengalaman dalam peternakan kelinci, pasti sudah mengalami indukan kelinci tidak mau menyusui anaknya. Beberapa hal yang dapat menyebabkan demikian adalah induk kelinci mengalami stres. Setelah anak kelinci melahirkan sebaiknya kita jangan langsung memegang kelinci secara langsung. Karena ada beberapa kelinci yang tidak lagi menyusui karena anaknya telah dipegang manusia. Indukan kelinci sangat agresif dan tajam penciumannya. Mungkin bau tangan kita masih melekat di badan anak kelinci sehinggat indukan tidak lagi menyusui.
Cara merawat anak/bayi kelinci yang baru lahir dan tidak disusui induknya agar tidak mati
Jika indukan tidak menyusui langkah apa yang harus kita lakukan?
Lakukanlah pemberian air susu formula. Anda bisa memakai susu formula untuk bayi usia 0 bulan hingga 6 bulan. Misalnya merek SGM dan Bebelove 1. Untuk takarannya bisa menyesuaikan sesuai yang tertera di kemasan susu formula tersebut.
Pemberian susu formula pada bayi kelinci bisa dilakukan setiap dua jam sekali. Setelah bayi sudah berusia dua minggu, pemberian susu formula bisa tiga jam sekali.
Bayi kelinci bisa diletakan di bawah lampu agar hangat. Selain itu kadang kelinci untuk bayu bisa diberikan selimut sehingga mereka terasa masih berada di dekapan induk kelinci.
Anakan kelinci akan belajar makan pada usia 1 bulan. Setelah usia 45 hari atau 1,5 bulan, anakan kelinci sudah bisa memakan rumput yang masih segar. Berikan makanan kelinci yang lunak atau mudah dicerna seperti sayuran kangkung, kol, dan irisan wortel yang tipis.

Demikianlah penjelasan cara merawat bayi kelinci yang baru lahir dan tidak disusui induknya. Semoga Anda bisa merawat kelincinya dengan baik.

0 comments:

Posting Komentar