Kamis, 23 Juni 2016

Cara memandikan kelinci yang masih kecil

Yatmono Alqorni

Agar kelinci tetap sehat, kelinci perlu diperhatikan kebersihannya. Mulai dari kebersihan kandang dan kebersihan badan kelinci. Kali ini saya akan memberikan tips cara memandikan kelinci yang masih kecil yang benar. Sebenarnya usia berapa sih kelinci sudah boleh dimandikan?
Sebaiknya kelinci kecil yang dimandikan sekitar usia 2 bulan juga boleh. Usia seperti itu sudah lepas dari induknya. Jika di bawah dua bulan, biasanya kelinci masih menyusu pada induk dan kondisi badannya masih ringkih.
Tujuan kita memandikan kelinci selain badan kelinci bersih, hal ini dapat membuat kelinci menjadi jinak. Asyik kan rasanya kalau punya kelinci yang jinak dan nurut sama kita.
Cara memandikan kelinci yang masih kecil
Yuk apa saja sih yang perlu disiapin untuk memandikan kelinci?
1. Air hangat secukupnya
2. Shampo bayi
3. Ember
4. Kapas
5. Handuk
6. Pengering rambut
Oya mengapa saya menyarankan untuk memakai shampo bayi? Karena sampo bayi lebih lembut dan tidak pedih kalau mengenai mata kelinci.
Cara memandikan kelinci yang masih kecil
1. Siapkan ember atau baskom, kemudian masukan air hangat dan tambahkan dengan air biasa. Untuk hangatnya kurang lebih hangat suam kuku.
2. Sebelum kelinci dimasukan ke ember, telinga kelinci diberi kapas terlebih dahulu agar air tidak masuk ke dalam telinganya.
3. Masukan kelinci ke dalam ember dan basahi semua badan kelinci
4. Berikan shampo bayi pada kelinci dan usap-usap sampai berbusa
5. Jika badan kelinci kotor, sebaiknya disikat pakai sikat yang lembut agar tidak merusak kulit dan bulu kelinci.
6. Sambi diusap-usap dan lakukan pemijatan ringan agar kelinci nyaman.
7. Bilas kelinci dengan air hangat lagi sampai bersih
8. Segera diberi handuk dan diusapkan ke seluruh tubuh
9. Gunakan hair dyer atau pengering rambut agar bulu kelinci lebih cepat kering. Jika kelinci Anda memiliki bulu yang panjang, bisa gunakan sisir rambut yang jarang agar bulu kelinci terlihat rapi.
10. Masukan kelinci di kandang dan Jemur kelinci di bawah sinar matahari serta berikan makanan kesukannya.

Demikianlah cara memandikan kelinci yang masih kecil. Oya jangan lupa, memandikan kelinci sebaiknya pada pagi hari sekitar jam 9 pagi. Supaya setelah kelinci dimandikan, kelinci bisa dijemur. Sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan kelinci. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda di rumah.

0 comments:

Posting Komentar