Jumat, 24 Juni 2016

Cara memandikan kelinci anggora yang benar

Yatmono Alqorni

Cara memandikan kelinci anggora – Kelinci anggora identik memiliki bulu yang lebih panjang dibanding kelinci yang lain. Oleh karena itu bulu kelinci anggora sering gampang kotor dibanding kelinci lainnya. Apalagi kalau kelinci anggoranya yang berwarna putih, kalau kotor sedikit saja langsung kelihatan.
Cara memandikan kelinci anggora yang benar
Tujuan kelinci anggora sering dimandikan adalah agar kesehatan kelinci dan stamina fisik kelinci juga tetap terjaga. Kelinci anggora lebih gampang terkena penyakit gatal seperi scabies atau kudisan. Kalau sudah kudisan rasanya malas banget kan mau pegang. Agar terhindar dari berbagai macam penyakit kulit, setidaknya kelinci dimandikan seminggu sekali atau tiap enam hari sekali.
Kelinci anggora bisa mulai dimandikan saat usia dua bulan. Usia tersebut kelinci anggora sudah bisa mandiri atau lepas dari induknya. Bagi kelinci yang usianya di bawah dua bulan, kalau ada yang kotor cukup semprot bagian bulu yang kotor kemudian dilap dengan tisu atau kain yang bersih. Jangan dimandikan karena masih belum kuat. Ketika sedang dimandikan, jangan lupa dipijit-pijit juga tubuhnya.
Oke langsung saja kita siapkan alat yang diperlukan.
1. Sisir rambut yang jarang
2. Shampo bayi
3. Ember
4. Air hangat
5. Hair dryer
6. Handuk
Cara memandikan kelinci anggora yang benar
Cara memandikan kelinci :
1. Siapkan satu ember air yang hangat. Kira-kira hangatnya suam kuku. Siapkan juga air hangat untuk pembilasan yang terakhir.
2. Sebelum dimandikan, telinga kelinci diberi kapas agar telinga tidak kemasukan air.
3. Kelinci dimasukan ke dalam ember dan basahi secara merata.
4. Oleskan shampo bayi ke seluruh tubuh kelinci. Jangan sampai terkena mata yah. Mungkin perih.
5. Bilas lagi dengan air hangat kemudian segera angkat dari ember dan diberi handuk.
6. Setelah diusap dengan handuk, keringkan tubuh dan bulu kelinci dengan hair dryer.
7. Lalukan penyisiran pada bulu kelinci anggora agar bulu tertata rapi,
8. Setelah bulu kelinci anggora sudah kering, kelinci dimasukan ke dalam kandang dan lakukan penjemuran agar kelinci terasa hangat.
9. Di dalam kandang sediakan juga makanan favorit kelinci.
Lakukan penjemuran pada pukul 8 atau 9 pagi karena sinar mataharinya masih sehat.

Agar kelinci tetap fit, berikan vitamin yang dicampur ke dalam minuman kelinci. Berikan vitamin setidaknya dua minggu sekali yang dicampur pada minuman. Semoga bermanfaat :)

0 comments:

Posting Komentar