Senin, 16 Mei 2016

Jenis Penyakit Dan Hama Tanaman Cabe Disertai Cara Pengendaliannya

Abdullah Yatmono

Bagi Anda yang ingin sukses dalam usaha budidaya cabe, Anda perlu mengetahui apa saja jenis-jenis penyakit maupun hama pada tanaman cabe. Kemudian akan kami sampaikan juga cara mengatasi atau mengobati tanaman cabe yang terkena penyakit atau hama. Setidaknya untuk bisnis cabe ini sangat butuh keseriusan karena modal yang akan dikeluarkan tidaklah sedikit. Jadi jika sudah terjun di dunia budidaya cabe ini harapanya butuh totalitas merawat cabe agar bisa panennya bisa sukses.

Contoh penyakit yang sering muncul pada tanaman cabe :
Hama Tanaman Cabe Disertai Cara Pengendaliannya
bercak daun
1. Penyakit bercak daun
Pernahkan Anda melihat bercak daun yang bundar berwarna abu-abu dan pinggirannya berwarna coklat? Jika tanaman cabe sudah banyak yang terkena demikian akan timbul warna kuning pada tanaman cabe dan akhirnya daunnya berguguran. Hal yang menyebabkan terjadinya bercak daun pada cabe adalah jamur Cercospora capsici.
Penyakit bercak daun ini sering muncul pada waktu musim penghujan karena faktor kelembapan yang tinggi.
Untuk mencegah adanya bercak daun, sebaiknya penanaman tanaman cabe diberi jarak yang cukup agar penyakit bercak daun tidak menular. Kemudian penanaman juga pada tempat yang terbuka agar tingkat kelembapan tidak terlalu tinggi. Kalau tempat kita menanam cabe di daerah yang rimbun akan menyebabkan kelembapan yang tinggi.
Untuk mengatasi bercak daun pada tanaman cabe bisa diberikan obat “Fungisida” yang tersedia di toko pertanian terdekat.
Jenis Penyakit Dan Hama Tanaman Cabe
busuk pada cabe yang siap panen
2. Penyakit busuk pada cabe
Pada waktu cabe mendekati panen, tiba-tiba cabe yang masih muda tiba-tiba membusuk. Hal ini sering menyebabkan kerugian yang besar pada petani cabe. Penyakit busuk tersebut timbul pada cabang cabe dan pada kuncup cabe. Penyebab busuk ini Phytophthora capsici.
Penyakit busuk cabe ini sering muncul pada waktu musim hujan. Penyebaran dari busuk ini juga terlalu cepat. Untuk itu ketika penanaman cabe perlu diatur jarak sedemikian rupa sehingga tanaman cabe tidak mudah tertular oleh tanaman cabe lain yang terkenan ifeksi virus atau jamur.
Untuk mengatasi busuk pada cabe bisa dilakukan dengan penguranan pemberian pupuk yang banyak mengandung Nitrogen seperti pupuk Urea dan pupuk ZA. Sebaiknya tanaman yang sudah terinfeksi oleh jenis jamur ini harus segera dibakar agar tidak menyerang tanaman cabe lainnya.
Jenis Penyakit Dan Hama Tanaman Cabe
patek pada cabe
3. Penyakit patek
Ciri penyakit patek pada tanaman cabe adalah ada yang mati pada bagian pucuk dan timbul busuk kering pada daun. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Colletotrichum capsici. Pada benih semaian cabe ini tandanya layu. Penyakit ini juga dimungkinkan terbawa pada benih cabe.
Untuk mencegah penyakit ini harus pandai dalam memilih bibit cabai. Untuk hasil terbaik, belilah bibit cabe yang tersedia di toko pertanian. Cara mengatasi patek pada tanaman cabe bisa disemprot obat jamur atau fungisida yang tersedia di toko pertanian.
Jenis Penyakit Dan Hama Tanaman Cabe
keriting pada cabe
4. Penyakit keriting pada cabe
Ciri-ciri penyakit keriting adalah daun tanaman cabe mengeriting, pertumbuhan terhambat, warna daun hijau tua, dan tulang daun menguning.  Penyakit ini disebabkan oleh oleh virus Cucumber Mosaic Virus. Untuk mengendalikan penyakit ini adalah dengan mengurangi tingkat kelembapan dan pemberian pupuk NPK.
Jenis Penyakit Dan Hama Tanaman Cabe
layu pada cabe
5. Penyakit layu pada cabe
Penyakit layu disebabkan oleh tempat yang kurang cocok untuk lahan cabe. Misalnya tempat yang kering mengandung zat kapur atau tempat yang banyak mengandung tanah lempung akan menyebabkan tanaman cabe mudah layu jika terkena sinar matahari. Kemudian penyabab lainnya adalah tanah tempat cabe terlalu asam.
Berbagai jenis hama pada tanaman cabe
Jenis Penyakit Dan Hama Tanaman Cabe
ulat pada cabe
1. Hama ulat
Munculnya ulat pada tanaman cabe mengakibatkan daun cabe menjadi bolong-bolong dan bahkan habis. Tanaman ulat ini dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman cabe menjadi terhambat. Daun yang fungsinya untuk melakukan fotosintesis semakin berkurang. Ulat ini mulai muncul pada waktu malam hari maupun pada waktu yang teduh.
Untuk mengatasi hama ulat pada tanamana cabe bisa dilakukan penyemprotan dengan obat kimia yang sudah tersedia di toko pertanian terdekat.
Jenis Penyakit Dan Hama Tanaman Cabe
kutu daun
2. Hama kutu daun pada cabe
Hama kutu daun ini menyerap sari makanan pada daun sehingga daun mejadi kering dan keriting. Untuk mengatasi hama kutu daun bisa dilakukan penyemprotan dengan pestisida pada waktu sore hari karena kutu daun paling banyak muncul pada waktu sore.
Baca Panduan cara budidaya cabe agar sukses panen
Jenis Penyakit Dan Hama Tanaman Cabe
lalat pada cabe
3. Hama lalat buah pada cabe
Lalat buah yang menyeang tanaman cabe ini mengakibatkan cabe yang masih muda menjadi rontok. Apabila kita membelah cabe terdapat larva atau belatung. Untuk mengatasi ini bisa dikendalikan dengan obat insektisida dengan cara menyemprotkannya pada tanaman. Hama lalat buah ini sering menjadi pemicunya gagal panen.

0 comments:

Posting Komentar