Minggu, 10 April 2016

Desain Kandang Kelinci yang Modern

Abdullah Yatmono

Desain kandang kelinci yang modern biasanya terbuat dari kawat namun biasanya untuk alasnya tetap memakai bambu. Kawat yang dipakai untuk campuran dari bahan kayu dan bambu adalah kawat galvanis. Kawat galvanis ini tahan lama untuk karatan.
Kalau untuk seseorang yang suka pelihara kelinci misalnya satu atau dua ekor sebaiknya membeli kandang kelinci yang modern dan minimalis. Bahannya dari kawat semua. Untuk harganya Rp150.000 perkandang seperti pada gambar berikut.









Tergantung pilihan sobat mau memilih jenis kandang yang mana. Yang jelas untuk kandang dari kawat harganya memang lebih mahal. Kandang kawat yang dua tingkat biasanya untuk 10 kandang dan 10 ekor kelinci harganya 1,5 juta. Kalau kita buat sendiri dari bahan bambu, kayu, dan kawat galvanis kurang lebih habis Rp500.000 saja.
Bagi peternak kelinci pedaging yang besar biasanya memakai kandang jenis kawat. Ukurannya pun sempit-sempit karena mereka memang menginginkan kelincinya gemuk-gemuk dan menghasilkan daging yang banyak. Usia 4 bulan sudah bisa dipotong.

0 comments:

Posting Komentar