Minggu, 10 April 2016

Desain Cara Membuat Kandang Kelinci Bertingkat dari Kawat Galvanis

Abdullah Yatmono

Cara membuat kandang kelinci dari  bambu dan kawat galvanis yang bertingkat – Di rumah saya memiliki kandang kelinci dari bambu dan kayu. Alasan saya menggunakan bambu dan kayu karena harganya lebih murah dan terjangkau. Secara detail bahan untuk membuat kandang kelinci adalah bambu, kayu, kawat galvanis, paku dan penutup untuk atapnya. Untuk ukuran kandang kelinci saya ada yang ukuran panjang 50 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 40 cm, namun ada juga ukuran 50x50x50. Tergantung jenis kelincinya. Kalau untuk ukuran kelinci lokal, Rex, dan lainnya ukuran seperti itu sudah cukup.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat kandang kelinci, diantaranya sebagai berikut :
1. Alas kandang dari bambu tidak terlalu rapat.
Ukuran kerapatan alas tempat kelinci sangat penting karena kalau terlalu rapat kotoran kelinci tidak atomatis jatuh ke tanah. Jadi untuk membuat ukuran lebar bambu saya biasanya menggunakan ukuran lebar jari manis. Kalau tidak ya bisa dikira-kira agar kotoran kelinci bisa langsung jatuh. Kalau terlalu rapat nanti kotoran tidak jatuh dan membuat kandang menjadi kotor.
2. Atur kecerahan kandang.
Jangan membuat kandang kelinci dari pagar kayu penuh. Kalau terlalu rapat nanti kandang menjadi lembab dan menjadi sarang penyakit. Sebaiknya sobat bisa menggunakan kawat galvanis yang tidak karatan. Untuk harga kawat galvanis permeter perseginya sekitar 10 ribu hingga 17 ribu. Belinya jangan lupa di toko bangunan yah.. bukan di Alfamaret hehe.
3. Kandang yang bertingkat perlu saluran air kencing kelinci
Air kencing kelinci lumayan mahal lho. Kalau di area Purwokerto harga perliter air kencing kelinci sekitar 15 ribu. Kandang yang bertingkat bisa dibuat saluran air atau talang agar air kencing kelinci bisa ditampung. Kalau tidak ditampung nanti kandang bisa bau banget. Untuk contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
4. Isi kandang kelinci
Untuk isi dari kandang kelinci saya biasa selalu menyediakan tempat makan untuk makanan konsentrat kelinci dan tempat air minum.
5. Kandang tidak terlalu tinggi dan maksimal 3 tingkat
Untuk memudahkan kita memberi makan pada kelinci, sebaiknya kandang tidak terlalu tinggi dam maksimal tiga tingkat saja. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa mudah mengawasi kelinci. Untuk ukuran dari landai dasar ke tanah biasanya  30 cm hingga 40 cm.






Demikianlah penjelasan yang singkat ini tentang desain cara membuat kandang kelinci dari kawat galvanis. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar