Kamis, 14 April 2016

Ciri-Ciri Kelinci Hamil dan Cara Memelihara Kelinci Hamil

Abdullah Yatmono

Ciri-ciri kelinci hamil dan cara memelihara/ merawat kelinci hamil – Bersyukur sekali rasanya kalau kelinci peliharaan kita hamil. Kalau yang memelihara kelinci untuk bisnis bisa lebih senang karena sebentar lagi duwit akan mengalir. Tapi bagi yang sekedar hobi juga bisa menambah kerepotan dalam mengurus kelincinya di rumah hehe. 
Ciri-Ciri Kelinci Hamil dan Cara Memelihara Kelinci Hamil
anak kelinci usia 2 minggu
Usia hamil kelinci sangat singkat sekali. Rata-rata 30 hari setelah dikawinkan sudah lahir. Anak kelinci yang baru lahir sama halnya dengan anak tikus. Jadi bentuknya masih merah-merah dan belum ada bulunya. Berbeda dengan marmut. Kalau anak marmut yang baru lahir sudah bisa berlari dan berbulu seperti marmut dewasa.
Bagi pemula, untuk mengenali kelinci yang sudah hamil terbilang susah. Saya sendiri dulu belum tahu cara mengetahuinya bagaimana. Eh setelah saya memelihara kelincinya, jadi tahu dari teman-teman yang sharing tentang kelinci. Yuk langsung saja untuk mengenal 
Ciri-Ciri Kelinci Hamil dan Cara Memelihara Kelinci Hamil
ciri-ciri-kelinci-hamil-dua-minggu
Ciri-ciri kelinci yang hamil usia satu hingga dua minggu.
1. Pada perut kelinci terlihat lebih besar daripada biasanya
2. Konsumsi makan kelinci lebih banyak dibandingkan hari-hari sebelumnya yang telihat dari cepat habisnya makanan pada kelinci.
3. Cek secara langsung pada perut kelinci dengan cara meraba dan sedikit menekan apakah ada benjolan pada perut kelinci bagian bawah. Kalau ada terasa benjolan berarti kelinci sobat sedang hamil. Namun hati-hati yah, jangan menekan terlalu keras karena bisa mengganggu kehamilan dan janin kelinci.
3. Tidak mau dikawinkan dengan kelinci jantan ketika sobat mencoba memasukan kelinci betina di kandang kelinci jantan. Jadi kelinci betinanya berlarian.

Ciri-Ciri Kelinci Hamil dan Cara Memelihara Kelinci Hamil
ciri kelinci hamil yang sedang membuat sarang 

Ciri-Ciri Kelinci Hamil dan Cara Memelihara Kelinci Hamil
contoh bulu kelinci yang rontok untuk persiapan melahirkan
Ciri-ciri kelinci yang hamil tua usia 20 hari hingga 28 hari.
1. Perut sudah terlihat besar. Jadi tinggal dilihat saja kita sudah memastikan bahwa kelinci itu sedang hamil.
2. Porsi makannya lebih banyak
3. Terasa sekali ada benjolan-benjolan yang besar pada perut kelinci.
4. Mulai hari ke 26 kelinci sudah sibuk merontokan bulunya dan membuat sarang yang dibuat dari rumput dan bulunya.
Ciri-Ciri Kelinci Hamil dan Cara Memelihara Kelinci Hamil
anak kelinci usia 4 hari
Cara merawat kelinci yang sedang hamil
Selama kelinci hamil butuh sekali perawatan kita. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kelinci kita sedang hamil.
1. Kebutuhan pakan
Harus dijaga untuk kebutuhan pakan kelinci jangan sampai telat. Karena sedang hamil, jumlah makan kelinci lebih banyak dibanding biasanya. Berikan makan pada pagi maupun sore hari yang banyak. Variasikan makanannya dari konsentrat, sayuran, dan biji bijian seperti jagung muda dan kacang merah.
2. Kebutuhan minum
Selama hamil, kelinci lebih banyak minum dibanding hari biasanya. Jadi jangan sampai telat yah air minumnya.
3. Kebersihan kandang
Untuk kebersihan kandang harus selalu dijaga. Takutnya selama hamil kelinci kita malah terkena penyakit kulit pada tubuhnya yang bisa menular pada anaknya nanti. Tiap pagi dan sore hari kandang harus rajin diberihkan. 
4. Membuat kotak beranak
Kelinci di alam liar kalau sedang hamil biasa tinggal di dalam sarangnya. Sebagai gantinya kita harus membuat tempat khusus untuk melahirkan kelinci. Contohnya dengan membuat kotak yang agak kecil yang bisa dijadikan tempat untuk sarang kelinci yang akan melahirkan. Kalau tidak dibuat demikian, bayi kelinci biasanya tidak tahan dengan cuaca yang dingin.
Demikianlah cara mengetahui ciri-ciri kelinci yang sedang hamil beserta cara perawatannya. Semoga bermanfaat untuk sobat pecinta kelinci.

0 comments:

Posting Komentar