Kamis, 14 April 2016

Cara Merawat Kelinci Anggora Anakan dan Dewasa

Abdullah Yatmono

Cara merawat kelinci anggora anakan dan dewasa – Kelinci anggora merupakan jenis kelinci hias yang banyak bulunya. Kalau kurang perawatan maka akan timbul beberapa jenis penyakit pada kelinci seperti buduk atau scabies dan diare yang bisa menyebabkan kematian. Bagi pemula harus tahu cara perawatan kelinci anggora yang baik. Sebelum membeli kelinci alangkah baiknya harus tahu terlebih dahulu cara perawatan kelinci anggora.
Cara merawat kelinci anggora anakan dan dewasa
kelinci anggora anakan
Kelinci anggora berasal dari negara Perancis dan Inggris. Dari dua negara tersebut jenis anggoranya berbeda. Kalau yang anggora Perancis itu bulunya lebih panjang sedangkan anggora dari Inggris bulunya lebih pendek. Kalau kelinci anggoran disini memang sudah berkembangbiak dan mungkin ada yang sudah tidak asli seperti hasil silangan dan sebagainya. Jadi kalau mau beli harus hati-hati yah. Lebih baik kalau beli kelinci ke tempat peternakannya langsung. Kalau kita beli di pinggir jalan terkadang penjualnya ada tidak tahu namanya. Yang mereka jual asal kelinci yang lucu saja.
Oke langsung saja saya akan memaparkan cara merawat kelinci anggora anakan dan dewasa.
Cara merawat kelinci anggora anakan dan dewasa
kelinci anggora Inggris
1. Kandang kelinci
Memelihara dan merawat kelinci anggora anakan lebih sulit dibandingkan yang sudah dewasa. Mengapa demikian? Karena kelinci anggora anakan itu mudah sakit dan harus dijaga kebersihannya. Pada semua jenis kelinci, usia sapih dari induknya adalah 45 hari hingga 50 hari. Jadi kalau sobat yang mau membeli kelinci anggora anakan hendaknya membeli yang usianya sudah dua bulan. insyaAllah usia 2 sudah cukup dan bisa menyesuaikan di tempat atau kandang yang sobat miliki di rumah.

Cara merawat kelinci anggora anakan dan dewasa
kelinci anggra Prancis
Untuk kebersihan kandang harus di jaga. Apalagi kelinci yang masih kecil kandangnya harus selalu bersih. Lebih enak memberi makan dari konsentrat dan sayuran seperti kol, kangkung, dan wortel. Memang kedua jenis makanan kelinci tersebut agak mahal yah. Tapi kalau kita hidup di kota susah mencari rumput dan harus beli makanan kelinci.
Setiap pagi kandang dibersihkan seperti membersihkan sisa makanan dan membersihkan alas kandang dari kotoran kelinci. Kemudian ketika sebelum memberi makan di sore hari jam 4 atau jam 5 juga demikian.
Dalam dua bulan sekali, kandang perlu disemprot dengan desinfektan agar kelinci terhindar dari jenis penyakit kulit dan diare. Kandang kelinci juga harus menerima pencahayaan yang cukup. Jika kandangnya portable, setiap hari di pagi hari sekitar jam 9, kelinci perlu dipanaskan. Tujuannya adalah agar kelinci tetap sehat dan bugar. Selain itu kandang juga bebas dari kuman karena kumannya mati terkena sinar matahari.
Oya ukuran kandang kelinci anggora yang baik itu standarnya panjang 50 cm, lebar 50 atau 40 cm, dan tingginya 50 atau 40 cm.
Cara merawat kelinci anggora anakan dan dewasa
kelinci anggora Inggris
2. Makanan kelinci
Untuk menghindari kelinci dari penyakit kembung dan diare, berikanlah makanan yang kering. Misalnya saya ingin memberi makan kangkung, jadi kangkungnya jangan langsung diberikan tapi harus dijemur beberapa jam agar kangkungnya layu. Mengapa harus dijemur? Nah untuk menghindari kandungan air yang tinggi. Kalau banyak air dan getah pada makanan kelinci akan menyebabkan kelinci diare. Dua hal penyakit yang susah disembuhkan adalah kembung dan diare.
Pemberian konsentrat menurut saya tidak akan bermasalah dan bisa terhindar dari kembung dan diare.
Cara merawat kelinci anggora anakan dan dewasa
kelinci anggora prancis yang sudah dewasa
3. Kebersihan tubuh kelinci
Bagi kelinci anggora yang masih anakan kalau bulunya kotor jangan dimandikan. Biasanya belum kuat kalau dimandikan. Cara menghilangkan kotoran pada kelinci anggora yang masih anakan adalah dengan menyemprotkan air pada daerah yang kotor, kemudian dilap dengan kain atau kanebo. Setelah itu bisa memakai hair dryer untuk mengeringkan bulu kelinci.
Kalau kelinci anggora yang sudah dewasa boleh dimandikan dengan air hangat-hangat kuku seperti memandikan bayi hehe. Agar bulu lebih cepat kering, bisa menggunakan hair dryer secara perlahan. Kalau tidak punya hair dryer sebelumnya di beri handuk dan dijemur saja.
Karena bulu anggora itu lebat dan panjang, perlu perawatan seperti di sisir. Tiga hari sekali untuk merapikan bulu anggora bisa dengan sisir yang mata sisirnyaitu jarang-jarang.
Demikianlah pembahasan saya tentang cara merawat kelinci anggora yang masih anakan dan dewasa. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar