Senin, 11 April 2016

3 Jenis Kelinci Pedaging yang Unggul dan Siap Diternakan

Abdullah Yatmono

Jenis kelinci pedaging yang unggul – Bagi sobat yang mau berwirausaha kelinci untuk diambil dagingnya harus memilih kelinci tipe pedaging. Tidak cocok kalau yang dipelihara itu jenis kelinci spot atau jenis rex yang biasa dijadikan kelinci hias saja. Syarat utama memilih jenis kelinci pedaging adalah memilih jenis kelinci yang besar dan lebih cepat masa perkawinannya serta lebih cepat panen.
Sama halnya dengan jenis ayam pedaging yang hanya usia 40 hari atau 50 hari sudah siap dipotong. Namun untuk kelinci usia seperti itu masih sekepalan tangan dan belum layak untuk dipotong.
Sesuai dengan pengetahuan saya, terdapat tiga jenis kelinci yang saat ini dikembangbiakan di Indonesia untuk diambil dagingnya.
1. Flemish Giant (FG)
jenis flamish giant

Jenis kelinci pedaging yang unggul yang siap diternakan
jenis flamish giant

Jenis kelinci flemish giant ini berasal dari Argentina. Kelinci ini tergolong kelinci yang paling besar karena bobotnya antara 5 kg hingga 6 kg. Selain untuk kelinci pedaging, kelinci ini juga ada yang menjadikan sebagai kelinci hias. Untuk masa kawin dari kelinci ini 6 bulan atau 7 bulan sudah siap reproduksi. Saat ini harga daging kelinci perkg rata-rata Rp35.000. Untuk harga bibit kelinci ini agak mahal. Kalau beli di tempat peternak kelinci harga sepasang kelinci FG sekitar 700 ribu hingga 900 ribu. Sekali beranak, kelinci FG bisa mencapai 12 ekor. Untuk rata-ratanya 6 ekor hingga 8 ekor. Dalam satu tahun, kelinci ini bisa beranak empat kali.
2. Australia New Zeland
Jenis kelinci pedaging yang unggul yang siap diternakan
anakan kelinci Australi
Orang menyebutnya jenis kelinci Australi. Kelinci ini memang berasal dari Australi. Untuk warna kelinci Australi ini ada yang berwarna putih, abu-abu, dan kuning. Ukuran kelinci ini lebih kecil dibandingkan FG. Berat badannya antara 3 hingga 4 kg. Kelinci Australi sudah siap dikawinkan diusia 6 bulan. Satu kali beranak bisa mencapai 10 ekor. Rata-rata 6 ekor. Untuk harga perkg kelinci ini Rp35.000. harga sepasang kelinci Australi yang sudah dewasa ini sekitar Rp500.000. memang lebih murah dibandingkan kelinci Fg.
3. Rambon
Jenis kelinci pedaging yang unggul yang siap diternakan
kelinci jenis rambon
Untuk jenis rambon ini banyak orang yang mengatakan hasil persilangan kelinci Jawa lokal dengan kelinci Australi. Kelinci rambon ini besarnya hampir sama dengan kelinci Autrali tapi ukurannya lebih kecil. Berat badannya antara 2,5 kg hingga 3,5 kg. Kelinci ini memiliki telinga yang panjang yang mirip dengan kelinci Australi. Jadi sobat jangan sampai ketipu atau keliru ketika mau membeli kelinci jenis rambon atau Australi. Harga sepasang kelinci rambon sekitar Rp400.000. setiap kali beranak, kelinci ini mencapai 8 ekor. Rata-rata 6 ekor. Harga dadingny sama dengan kelinci Australi yaitu Rp35.000 per kg.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis kelinci pedaging unggulan. Agar biaya makan bisa dikendalina, sobat harus mencari alternatif lain selain makanan kelinci dari konsentrat. Makanan alternatifnya adalah dengan mencari rumput sendiri. Dalam bahasa Jawanya adalah ngarit suket. Bisa juga sobat mencari sisa sayuran yang ada di pasa induk tempat masing-masing. Disana banyak sisa sayuran yang dibuang.

0 comments:

Posting Komentar